Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Sah, Lolos Uji Laik Operasi, XL Axiata Siap Gelar Jaringan 5G

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan XL Axiata lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Kelolosan ULO 5G tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO). Kamis (12/8). Menteri Kominfo, Johnny G Plate dan Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini hadir langsung dalam acara yang berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo tersebut. Diterimanya SKLO ini sekaligus melengkapi rangkaian perayaan XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan, XL Axiata melakukan ULO pada 3-5 Agustus 2021 di area Jl. Margonda, Kota Depok. “Kini layanan komersial 5G didukung tiga operator telekomunikasi nasional. Ke depan, kita harus menjaga agar komersialisasi 5G dapat berkembang dengan baik di Indonesia,” kata Johnny, Kamis (12/8).

Layanan jaringan 5G ini akan dilakukan pada pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz, dengan lebar pita 20 MHz dalam rentang 1807,5 MHz sd 1827,5 MHz.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, XL Axiata mendukung pemerintah dalam melakukan percepatan implemetasi teknologi 5G di Indonesia, selaras dengan spirit untuk terus berinovasi dan selalu adaptif terhadap setiap perkembangan teknologi telekomunikasi secara global.

“Setelah sejak jauh-jauh hari kami melakukan berbagai persiapan digelarnya jaringan 5G, akhir Juli 2021 lalu, kami mengajukan permohonan ULO 5G. Proses ULO 5G di Kota Depok, tepatnya di sebagian area Jalan Margonda Raya,” kata Dian.

Tahap awal, jaringan 5G XL Axiata tersedia di empat kota yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya Dengan cakupan area yang masih terbatas mulai pertengahan Agustus 2021.

Secara teknologi dan jaringan, XL Axiata telah melakukan berbagai persiapan untuk menggelar jaringan 5G. Dari sisi radio, menerapkan modernisasi perangkat jaringan radio untuk mempercepat adopsi 5G.

Pada sisi jaringan transport, terus dilakukan perluasan jaringan tulang punggung (back bone) fiber optik dan fiberisasi yang menjangkau seluruh wilayah operasi dan layanan XL Axiata.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan. Ditopang lebih dari 156.000 BTS, termasuk lebih dari 65.000 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lain. Tujuannya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring meningkatnya trafik layanan data. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER