Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkomsel Hadirkan IoT Envion, Dukung Efisiensi Korporasi

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Daya saing industri dan membangun ekosistem industri 4.0 merupakan dukungan digitalisasi. Nah, Telkomsel meluncurkan layanan internet of things (IoT) bernama Energy Visibility Solution (Envion).

Ini adalah solusi berbasis artificial intelligence (AI) yang bermanfaat untuk otomasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi. Telkomsel IoT Envion dapat memberikan peringatan serta memiliki fungsi sistem mitigasi.

Sehingga konsumsi energi tetap dapat dioptimalkan oleh perusahaan apabila terjadi kerusakan pada genset atau cadangan baterai

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan, Telkomsel IoT Envion sebagai solusi digital masa depan terbaru bagi perusahaan yang memiliki ketergantungan akan pasokan listrik sebagai sumber energi. Telkomsel IoT Envion dilengkapi dengan fitur unggulan yang secara otomatis dapat memantau konsumsi energi. 

Tahap awal, implementasi layanan solusi Telkomsel IoT Envion akan mendukung Telkominfra dalam mengoptimalkan teknologi digital. Serta akses konektivitas terdepan dengan mendorong pemanfaatan energi yang tepat guna. “Terobosan ini sekaligus melengkapi portfolio Telkomsel IoT dalam mendorong otomasi menyeluruh di sektor industri,” ujar Hendri, Kamis (12/8).

Direktur Utama Telkominfra, Bastian Sembiring mengungkapkan, Telkominfra sebagai engineering service company melayani kebutuhan operasional berbagai operatordengan lokasi site yang tersebar di seluruh Indonesia menyambut baik inovasi bisnis Telkomsel IoT Envion. Kolaborasi ini telah membawa manfaat serta keuntungan idari segi teknologi dan pemanfaatan energi yang tepat guna. 

Telkominfra menggunakan product Telkomsel IoT Envion untuk mendukung operasional project Power Solution dan Infra Network Services dengan hasil yang cukup baik. “Selain itu tidak hanya kualitas baik. Harga Telkomsel IoT Envion kompetitif,” kata Bastian.

Telkomsel menghadirkan Battery Monitoring System (BMS) untuk mendukung kebutuhan data center Telkominfra. Keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik. 

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai data center Telkominfra secara realtime hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat. Beragam fitur memberi peringatan dan mengoptimalkan sistem cadangan baterai apabila terdapat gangguan pada sistem tenaga listrik yang mengancam data center.

Teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor. Mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufaktur, tower provider, bank, finance, ritel hingga penyedia data center yang sangat bergantung pada pasokan listrik. Sehingga berpotensi besar mengalami kerugian apabila terjadi insiden pada suplai energi. 

Insiden semacam genset atau cadangan baterai yang tak dapat berfungsi baik, potensi pencurian daya, hingga tagihan listrik yang terlalu membebani biaya operasional dapat terhindarkan dengan pemanfaatan Telkomsel IoT. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER