Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

CROWDE dan UNCDF Salurkan Pembiayaan ke Perempuan Pengusaha

BACA JUGA




FinTechnesia.com | UN Capital Development Fund (UNCDF) menggandeng CROWDE. Keduanya menyalurkan permodalan bagi kaum perempuan yang menjalankan usaha pertanian melalui program Women Enterprise Recovery Fund (WERF).

Menurut penelitian The United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP), masa pandemi ini telah mendorong 150 juta orang ke dalam kemiskinan di tahun 2021. CROWDE berharap, bisa membuka peluang lebih besar bagi para perempuan Indonesia agar memiliki kesempatan hidup lebih baik terutama di masa pandemi melalui usaha di sektor pertanian. Baik on-farm maupun off-farm

Kenyataannya, banyak UMKM yang dimiliki, dikelola, dan dipimpin oleh perempuan. Menurut data Bank Indonesia, setidaknya ada 57,83 juta UMKM di Indonesia. Lebih dari 60% dikelola oleh perempuan. Padahal, akses ke pinjaman untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka masih menjadi kendala utama.

Alhasil, banyak usaha yang hanya berjalan di tempat atau bahkan mengalami gulung tikar. Terlebih, bisnis yang banyak beralih ke online di masa pandemi, juga menjadi tantangan tersendiri bagi para perempuan tani yang masih berjuang dengan upaya digitalisasi.  

Sekarang kita perlu memastikan bahwa semua UMKM, terutama yang dipimpin dan milik perempuan bisa ikut terlibat dalam ekonomi digital agar lebih tahan terhadap situasi pandemi. “Melalui program WERF, kami ingin mendukung perusahaan terpilih untuk memberi solusi inovatif kepada usaha (UMKM) milik perempuan yang terkena dampak pandemi sehingga tidak ada pihak yang tertinggal”, ungkap Maria Perdomo, Manajer Regional Asia UNCDF, pekan lalu.

UNCDF yang juga melibatkan ESCAP membawa misi untuk mengkatalisis perubahan lewat program kewirausahaan perempuan yang dibentuk oleh CROWDE. Inkubasi ini akan mulai berjalan pada September 2021.

CROWDE berharap, dengan membentuk inkubasi dapat menciptakan agropreneur perempuan yang siap memulai serta mengembangkan usahanya secara mandiri.

Peran perempuan di sektor pertanian amatlah penting. “Dengan kondisi saat ini, CROWDE berupaya melatih optimisme mereka lewat menanam dan menggarap usaha tani bersama pengusaha wanita tani lain. Menanam berarti memberikan harapan untuk masa depan”, ungkap Afifa Urfani, Head of Impact & Partnership CROWDE. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER