Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

XL Axiata Jalin Kemitraan dengan IPB dan Polman Astra Kembangkan IoT 5G

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Mengembangkan ekosistem 5G, XL Axiata menjalin kemitraan dengan kalangan perguruan tinggi. XL Axiata menggandeng dua perguruan tinggi, yaitu IPB University (IPB) dan Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra). 

Ketiganya mengembangkan solusi digital dengan platform internet of things (IoT) di jaringan 5G untuk memenuhi kebutuhan kalangan industri.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menjelaskan, XL Axiata akan mempercepat pengembangan ekosistem 5G. Selaras spirit terus berinovasi dan selalu adaptif terhadap setiap perkembangan teknologi telekomunikasi secara global.

“Dengan kemampuan akses internet lebih cepat dan stabil, tersedianya jaringan 5G diperkirakan akan menjadi penggerak utama industri berbasis internet,” terang Gede, Rabu (25/8).

Kerja sama XL Axiata dengan kedua kampus akan berlangsung selama dua tahun ke depan. XL Axiata bersama-sama berbagi pengetahuan dan keahlian guna meningkatkan kompetensi agar mampu menyediakan platform berbasis IoT di jaringan 5G. 

Setiap pelaku industri memiliki kekhasannya masing-masing. Maka solusi yang diberikan harus benar-benar menjawab kebutuhan yang terkadang sangat spesifik. 

“Maka kami merasa perlu untuk menggandeng lembaga riset seperti kampus dalam rangka bersama-sama mengeksplorasi problem dan solusi yang tepat guna,” lanjut Gede.

Salah satu IoT service solution yang sedang dikembangkan bersama IPB dan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) antara lain Melon Harvesting Robot. Ini solusi untuk penentuan waktu panen secara akurat dengan image processing. 

Implementasi 5G XL Axiata untuk mendukung real-time communicationantara robot dengan cloud/server. Pengembangan selanjutnya adalah pembuatan robot prototype kedua untuk pruning daun melon. 

Sementara Polman Astra dan X-Camp akan turut menerapkan 5G pada Quality Auto Inspection. Yaitu solusi terkait quality control barang hasil produksi yang berbasis pada image processing, dilanjutkan dengan part delivery dengan drone hingga Auto Transfer – AGV (Automated Guided Vehicle). 

Use case tersebut akan diterapkan di PT Akebono Brake Astra Indonesia. Selain itu, turut pula dikembangkan mesin CNC (Computer Numerical Control) yang didukung dengan konektivitas 5G. Sehingga bisa dikendalikan dari jarak jauh secara presisi.

Untuk pengembangan solusi digital berbasis IoT, XL Axiata melalui X-Camp telah bekerja sama dengan beberapa kampus guna menyediakan solusi untuk beberapa industri. Seperti pertanian, logistik, hingga smart building. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER