Senin, 15 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kejahatan Cyber Mengintai, Begini Tips Aman Menggunakan Wifi Publik

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bukan lagi barang mewah, akses internet gratis kapan saja dan di mana saja menjadi hal mudah didapattkan. Hampir seluruh pengguna akan mencari hotspot. Di kereta bawah tanah, di kafe, hingga di gedung-gedung umum.

Tetapi risiko dari kenyamanan itu semakin besar kesempatan bertemu dengan pelaku kejaahatan siber. Kaspersky akan memberik keseimbangan yang tepat antara kenyamanan dan keamanan.

Sederhananya, jika Anda terhubung ke wifi publik, Anda menghadapi kemungkinan pencurian data sangat nyata. Kita mentransfer begitu banyak informasi berharga melalui internet.

Dan jika pelaku kejahatan siber mendapatkan data finansial, kredensial login, dokumen, obrolan pribadi, dan sebagainya, mereka mampu melakukan pemerasan pada tabungan dan membajak akun Anda.

Dengan akses akun, mereka juga dapat melakukan banyak hal. Seperti menyamar sebagai diri Anda dan mendistribusikan spam atau mengekstrak uang dari teman Anda. Bahkan menemukan umpan pemerasan dalam riwayat obrolan Anda.

Jika Anda terhubung ke jaringan yang tidak aman dari perangkat kerja, rahasia bisnis perusahaan mungkin dapat berakhir di tangan yang salah. Dalam beberapa kasus, para pelaku kejahatan siber diam-diam menginfeksi perangkat Anda dengan malware.

Dan masih akan tetap ada walaupun sambungan dari hotspot berbahaya tersebut telah terputus. Agar tetap aman di jaringan publik, ikuti tujuh rekomendasi sederhana dari Kaspersky.

1. Berhati-hatilah dengan wifi publik

Tidak peduli smenggiurkan atau mendesaknya transaksi pribadi, jaringan Wifi tanpa kata sandi tidak dianjurkan untuk menangani informasi penting. Data apapun yang Anda kirim atau terima melalui wifi publik dapat dilihat siapa saja yang memiliki akses ke jaringan yang sama.

Gunakan wifi publik untuk membaca berita. Tapi hindari untuk masuk ke layanan apa pun atau akun Anda berpotensi disusupi oleh pelaku kejahatan siber.

Meskipun demikian, bahkan jika suatu jaringan memiliki kata sandi, tidak berarti aman. Seorang penyerang dapat terhubung dengan mudah seperti Anda. Kata sandi seperti itu sering dicetak di dinding sebuah cafe atau sudut yang dapat dilihat oleh semua orang.

2. Periksa nama hotspot secara cermat

Beberapa pelaku kejahatan siber terkadang berada selangkah di depan. Alih-alih terhubung ke jaringan wifi publik, Anda justru terkoneksi dengan jaringan buatan mereka sendiri, dengan nama serupa.

Jika MyCoffeeShop adalah jaringan sebenarnya, tamu tidak waspada mungkin salah bergabung dengan CoffeeShop_Guest atau MyC0ffeeShop. Lalu memberikan akses mudah menuju data pribadi mereka kepada para pelaku kejahatan siber.

Maka, sebelum bergabung dengan jaringan publik baru, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa nama koneksi yang tersedia. Periksa dengan cermat urutan kata benar, penggantian huruf dengan angka yang bentuknya mirip, garis bawah ekstra, dan sebagainya.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER