Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Microsoft Indonesia Genjot Keterampilan Digital 1.121 Mahasiswa

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Microsoft Indonesia resmi memulai program Studi Independen Bersertifikat (SIB). Ini adalah sebuah program yang menyiapkan 1.121 mahasiswa dari 235 kampus di Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi digital di bidang produktivitas, cloud, serta data dan kecerdasan buatan (AI). Tujuannya agar dapat meningkatkan daya saing mereka di dunia kerja. 

Ke-1.121 mahasiswa tersebut terpilih dari 6.000 mahasiswa yang mendaftar. Pemilihan dengan mempertimbangkan variasi jurusan mahasiswa, agar peningkatan kapasitas digital dapat dilakukan secara inklusif. Dan pemanfaatan teknologi dapat diterapkan di berbagai ilmu pengetahuan.

Berjalan sebagai bagian dari inisiatif Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, program ini akan mengkonversi 20 SKS kuliah mahasiswa. Dengan kelulusan berdasarkan keberhasilan mengambil sertifikasi di akhir periode pembelajaran. Serta capstone project yang mereka tuntaskan di bulan Desember mendatang.

Indonesia masih membutuhkan sembilan juta talenta digital hingga tahun 2035 mendatang atau sekitar 600.000 talenta digital per tahun. “Program ini membantu mencapai target tersebut,“ ujar Nizam, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kamis (26/8).

Dalam implementasinya, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari tenaga pengajar ahli yang telah ditunjuk Microsoft Indonesia selama empat bulan. Yaitu MIC Enterprise.

Pendampingan melalui kelas virtual serta tugas proyek sesuai tantangan/kebutuhan industri saat ini. Misalnya, kelas produktivitas menugaskan mahasiswa menghadirkan solusi teknis terhadap suatu permasalahan bisnis dengan menggunakan Microsoft 365, kelas cloud akan meminta mahasiswa merancang learning management system yang di-hosting dalam bentuk VM ataupun Azure website.

Sementara kelas Data and AI akan meminta mahasiswa mengembangkan sebuah dasbor. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dengan menerapkan solusi Cortana Intelligence Suite atau Cognitive Services.

Partisipasi Microsoft Indonesia di SIB merupakan salah satu wujud komitmen menambah pelatihan bagi tiga juta orang hingga akhir tahun 2021 mendatang. Selain SIB, Microsoft melakukan berbagai program pelatihan lain. Seperti bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam melatih sekitar 2.000 orang di Digital Talent Scholarship Professional Academy dan Fresh Graduate Academy (Mei – Agustus 2021).

Lalu bekerja sama dengan 15 universitas negeri dan swasta menyiapkan sertifikasi bagi 3.300 mahasiswa (Januari – Juli 2021). Serta bermitra dengan JA Asia Pacific dan Cloudswyft untuk melatih 10.000 talenta Indonesia.

Keterampilan digital adalah fondasi dari seluruh transformasi digital yang tengah berlangsung. “Membangun talenta digital adalah tugas yang perlu kita kerjakan bersama. Dan menjadi salah satu langkah utama untuk mempercepat transformasi digital Indonesia,” ujar Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER