Pandemi Mengubah Perilaku Investor

FinTechnesia.com | Studi investor global Schroders 2021 menemukan, fokus lebih besar pada tabungan, investasi dan kesejahteraan finansial akan menjadi salah satu warisan langgeng pandemi. Bagian ketika kepercayaan investor meningkat.

Studi tahunan ini menyurvei lebih dari 23.000 orang di 32 lokasi global. Hasilnya hampir setengah dari investor (46%) akan menyimpan lebih banyak setelah pembatasan sosial dicabut. Sentimen ini paling kuat di antara investor berusia 18-37 tahun.

Pendekatan yang lebih terukur ini juga mengalir ke pandangan/outlook pensiun investor, dengan 58% pensiunan secara global sekarang lebih konservatif membelanjakan tabungan/simpanan pensiun mereka. Dan 67% dari mereka yang belum pensiun sekarang ingin menabung Atau menyimpan lebih banyak untuk masa pensiun mereka.

Michael T. Tjoajadi, Presiden Direktur Schroders Indonesia mengatakan, pandemi mengubah perilaku investor secara global termasuk Indonesia. Dan pandemi memberikan perubahan jangka panjang pada cara masyarakat mengelola keuangan dan investasi mereka.

“Terlepas dari tantangan pandemi, kami masih positif dalam jangka panjang terhadap pasar Indonesia. Didukung reformasi yang sedang berlangsung, valuasi yang menarik, dan kebangkitan new economy,” kata Michael, Kamis (2/9).