Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Singkirkan Milenial, Gen Z Bikin Cyrptocurrency Semakin Populer

BACA JUGA




FinTechnesia.com Tahun 2021 ditandai dengan meningkatnya popularitas cryptocurrency. Ini sesuai temuan Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I). Pencarian Google dengan kata kunci cryptocurrency di Indonesia meningkat.

Hal ini seiring meningkatnya harga-harga crypto termasuk Bitcoin. Menunjukkan semakin banyak  masyarakat Indonesia mencari informasi seputar cryptocurrency.

​Selain itu, data on chain Glassnode dari Januari-Juni 2021 menunjukkan, pertumbuhan alamat dompet Bitcoin paling tinggi di Januari 2021. Dengan sekitar 500.000 alamat. Sedangkan di Juni tercatat ada 200.000-an alamat.

Indodax, salah satu exchange terbesar di Indonesia menambah satu juta pengguna. Jadi mencatat total pengguna sebanyak 2.213.606 di akhir Juni 2021.

Selain peningkatan tersebut, masyarakat terlihat aktif mencari informasi cryptocurrency di media sosial. Sehingga sosial media terkait crypto semakin banyak bermunculan.

Salah satu portal edukasi cryptocurrency, Coinvestasi.com aktif memberikan informasi dan edukasi terkait crypto sejak 2017 di Instagram. Di media sosial ini Coinvestasi.com mencetak pertumbuhan pengikut hingga 1.200% pada tahun 2021 ini.

Co Founder Coinvestasi Steven Suhadi berkata, saat ini terjadi pergeseran generasi dari milenial ke Gen Z. “Generasi ini lebih paham teknologi dan terbuka pada inovasi baru, serta lebih menghargai transparansi. Transparansi itulah yang bisa diperoleh di Bitcoin serta cryptocurrency dan tidak ada di aset lain,” terang Steven, Senin (6/9).

Data Indodax menunjukkan, crypto favorit hingga pertengahan tahun 2021 adalah Dogecoin. Berhasil mendapatkan total volume perdagangan hingga Rp 33,5 triliun di tahun 2021. Menyusul Bitcoin dengan total Rp 24 triliun dan BinanceCoin dengan total Rp 19 triliun. 

Kepopuleran Dogecoin tidak lepas dari Elon Musk. Ia terang-terangan mendukung aset crypto b erlogo anjing shiba tersebut. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER