Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Hati-hati, Penjahat Siber Targetkan Nasabah Mobile Banking

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank digital semakin jadi pembicaraan. Tapi di balik itu ada ancaman menakutkan.

Kaspersky mengungkap laporan ancaman seluler untuk kuartal II 2021 di  Asia Tenggara. Perusahaan keamanan siber global itu memantau peningkatan 60% serangan trojan mobile banking berbahaya yang terdeteksi dan diblokir di wilayah tersebut.

Trojan mobile banking digunakan oleh pelaku kejahatan siber untuk mencuri dana langsung dari rekening bank seluler (mobile banking). Program berbahaya ini biasanya terlihat seperti aplikasi keuangan resmi. 

Tapi ketika korban memasukkan kredensial untuk melakukan akses menuju rekening bank, penyerang mendapatkan akses ke informasi pribadi itu.

Sejak awal tahun 2021, produk Kaspersky menggagalkan sebanyak 708 insiden di enam negara Asia Tenggara. Jumlah itu 50% dari total jumlah trojan mobile banking yang diblokir pada tahun 2020 sebanyak 1.408.

Indonesia dan Vietnam mencatat jumlah insiden terbanyak selama semester pertama tahun ini. Namun, secara global, kedua negara tersebut tidak termasuk dalam 10 besar negara yang terkena dampak ancaman ini. Vietnam berada di peringkat ke-27 sedangkan Indonesia di urutan ke-31 pada Juni tahun ini.

Lima negara dengan jumlah deteksi Trojan mobile banking terbanyak pada kuartal II 2021 adalah Rusia, Jepang, Turki, Jerman, dan Prancis.

Sementara jumlah serangan Trojan mobile banking di Asia Tenggara terpantau masih rendah. Namun dari periode April hingga Juni tahun ini, Kaspersky mendeteksi lebih banyak dibandingan periode yang sama tahun lalu. Yaitu 367 versus 230 deteksi. 

Ini menujukkan pandemi yang berkelanjutan memaksa pengguna untuk mulai menggunakan sistem pembayaran seluler, dan cashless menjadi lebih umum.

Sejak awal krisis kesehatan ini, survei kami menunjukkan mayoritas pengguna internet di wilayah ini telah mengalihkan aktivitas keuangan mereka secara online. Seperti berbelanja (64%) dan perbankan (47%),” papar Yeo Siang Tiong, General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, Selasa (6/9). 

Kaspersky memberikan beberapa tips meningkatkan keamanan finansial secara online

Miliki kartu kredit sementara

Para pelaku kejahatan siber telah mengembangkan teknik dan malware yang sangat canggih. Sehingga terkadang dapat menggagalkan upaya terbaik Anda untuk berbelanja onlinesecara aman. Upaya lain, Anda dapat menggunakan kartu kredit sementara untuk melakukan pembelian online, sebagai pengganti kartu kredit utama. Tanyakan kepada perusahaan kartu kredit Anda apakah memungkinkan untuk mendapatkan nomor kartu kredit sementara

Jika kartu kredit sementara tidak memungkinkan, alternatifnya menggunakan kartu kredit dengan limit kredit rendah.

Mendedikasikan komputer untuk perbankan dan belanja online

Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, mungkin itu dapat dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perbankan dan belanja online. Dengan menghindari penggunaan komputer untuk penjelajahan internet lainnya, mengunduh file, memeriksa email, jejaring sosial, dan aktivitas online lain, Anda secara efektif membuat komputer ‘bersih’ dan bebas dari virus komputer maupun infeksi lainnya. Untuk keamanan tambahan dalam berbelanja online yang aman, instal Google Chrome, dengan HTTPS. Ini memastikan Anda untuk hanya mengunjungi situs web yang aman.

Gunakan alamat email khusus

Buat alamat email yang hanya akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi belanja online. Ini akan sangat membatasi jumlah pesan spam yang Anda terima. Dan secara signifikan mengurangi risiko terpapar email berbahaya yang disamarkan sebagai promosi penjualan atau notifikasi lainnya.

Kelola dan lindungi kata sandi online Anda

Menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk berbelanja online yang aman. 

Mungkin sulit untuk mengingat begitu banyak kata sandi yang berbeda, terutama jika kata sandi itu terdiri dari banyak huruf, angka, dan karakter khusus. Tetapi Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi untuk membantu menyimpan kata sandi yang kuat untuk banyak akun.

Gunakan VPN

Jika Anda benar-benar harus berbelanja online saat menggunakan Wi-Fi publik, instal terlebih dahulu solusi VPN (jaringan pribadi virtual). VPN akan mengenkripsi semua data yang ditransfer antara komputer atau perangkat seluler Anda dan server VPN dapat mencegah peretas membajak dan melihat data sensitif apa pun yang Anda masukkan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER