Shopee Catatkan Peningkatan Pesanan Produk UMKM Enam Kali Lipat dalam 9.9 Super Shopping Day

FinTechnesia.com | Pada puncak kampanye 9 September kemarin, Shopee melihat antusiasme dalam serangkaian kemeriahan 9.9 Super Shopping Day. Hal ini menandakan awal yang kuat untuk musim belanja akhir tahun.

Sebanyak 45 juta produk terjual dalam 99 menit pertama secara regional. Dengan beragam variasi produk dari pelaku usaha lokal serta mitra brand terpercaya, pengguna dapat memenuhi segala kebutuhan di Shopee.

Kampanye 9.9 Super Shopping Day untuk memberikan semangat dan harapan bagi para pelaku usaha lokal yang terkena dampak selama pandemi. Di Indonesia sendiri, jumlah pesanan produk UMKM selama 9.9 meningkat hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, saat situasi masih pandemi, Shopee menyadari peran memenuhi kebutuhan seluruh ekosistem Shopee. Kampanye ini menjadi wadah yang menghadirkan ragam pilihan produk serta hiburan menarik guna menciptakan pengalaman belanja online yang nyaman tanpa harus keluar rumah.

Di saat yang sama, Shopee berupaya mengambil bagian dalam perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal serta mitra brand. “Kami berharap menciptakan peluang baru untuk para pelaku usaha. Serta memberikan kebahagiaan bagi para pengguna dengan pengalaman belanja yang dipersonalisasi, menarik dan sosial,” terang Handhika, Jumat (10/9).

Berikut fakta 9.9 Super Shopping Day tahun ini.

  • Tiga pekan menjelang 9 September, pengguna menghabiskan 24 juta jam menonton rangkaian tayangan melalui Shopee Live. 
  • Sebanyak 1,5 juta produk flash sale dan 60 juta voucher diklaim pada hari puncak kampanye di 9 September secara regional.
  • Pengguna di Indonesia juga menghabiskan lebih banyak waktubermain Shopee Games favorit dan memenangkan berbagai hadiah menarik. Salah satunya Shopee Tanam yang dimainkan lebih dari 650 juta kali sepanjang kampanye berlangsung.
  • ShopeePay juga menambah pengalaman belanja online dengan menghubungkan lebih banyak penjual dan pembeli. Lebih banyak merchant offline yang telah menggunakan ShopeePay sebagai metode pembayaran guna memberikan pengalaman transaksi yang lebih mudah. Di Indonesia, tercatat peningkatan jumlah merchant offline ShopeePay sebesar 6 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. 

Pelaku usaha lokal khususnya UMKM terus menunjukkan potensi yang kuat. Terlihat dari performa UMKM di Indonesia selama kampanye 9.9 Super Shopping Day. 

  • Pada 9.9 Super Shopping Day, pengguna banyak berbelanja dari kategori Kecantikan. Tren produk kecantikan lokal yang semakin berkembang dan menunjukan potensi yang kuat, menjadikan Toner Wajah, Masker Rambut hingga Sunblock produk UMKM terfavorit pengguna untuk melengkapi kebutuhan perawatan kulit dan wajah.
  • Perlengkapan Rumah; Kategori ini mencatatkan permintaan yang tinggi, dimana Wajan dan Kotak Penyimpanan Sepatu & Alat Make Up menjadi produk paling favorit.   
  • Selain itu, kategori Makanan & Minuman juga mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pengguna, khususnya terhadap produk UMKM yang menghadirkan ragam makanan instan tradisional. Tercatat Baso Aci, Mie Goreng serta Cimol yang dikemas secara instan menjadi produk-produk UMKM yang populer dalam kategori ini. (sya)