Tekan Risiko Industri Keuangan, Experian Gandeng 3 Indonesia

FinTechnesia.com | Experian, perusahaan global penyedia layanan informasi mengumumkan kerjasama dengan PT Hutchison 3 Indonesia (3 Indonesia). Kerjasama Ini bagian upaya mendorong inklusi keuangan.  

3 Indonesia menjadi mitra data alternatif PowerScore Experian. Ini adalah suatu penilaian kredit canggih. Menggabungkan data alternatif ‘siap pakai’ dengan pembelajaran adaptif.

Sehingga emungkinkan perusahaan pemberi
pinjaman (lending) dengan dukungan wawasan (insight) dari perusahaan telekomunikasi dalam memfasilitasi pengambilan keputusan risiko.

Bertujuan mendukung bank-bank konvensional, perusahaan lending alternatif dan perusahaan teknologi finansial (tekfin) atau financial technology (fintech) dalam pengambilan keputusan berbasis risiko kredit.

Fokus utama PowerScore, memberdayakan dan memperluas akses masyarakat – yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan mereka yang terbatas dalam memperoleh layanan finansial (underbanked) – terhadap kredit yang lebih adil dan mendorong tercapainya inklusi keuangan.

3 Indonesia hadir sebagai mitra yang memperluas jangkauan Experian di dalam negeri di saat yang tepat. PowerScore didukung oleh sumber data alternatif dari perusahaan telekomunikasi dan touchpoint digital baru, menjadi katalisator upaya pemberian pinjaman berbasis risiko yang lebih bertanggung jawab.

Data para penyedia layanan telekomunikasi seperti 3 Indonesia mewakili sumber data alternatif real-time yang komprehensif. Sehingga mendukung perusahaan lending membuat keputusan yang lebih akurat. 

“3 Indonesia berusaha menjadi lebih dari sekedar penyedia layanan telekomunikasi. Dan terus menerus mengeksplorasi berbagai kesempatan agar kami memberi dampak berarti bagi pelanggan kami,” kata Chief Marketing Officer Hutchison 3 Indonesia, Dolly Susanto, Kamis (9/9).

Experian memahami kebutuhan 3 Indonesia secara jelas. PowerScore memiliki kapabilitas analitiknya untuk menyediakan insight berkualitas tinggi.

Dengan data alternatif yang memungkinkan ekosistem perusahaan lending menjangkau lebih banyak masyarakat di Indonesia.

Kami yakin kapabilitas 3 Indonesia menyediakan jangkauan jaringan yang kuat akan membantu masyarakat unbanked mengakses produk finansial yang semakin banyak. Khususnya layanan yang disediakan lewat telepon seluler.

Jaringan 3 Indonesia tersedia di lebih dari 37.000 desa, 4.000 kecamatan, dan 377 kabupaten di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Bali, dan Lombok.

PowerScore Experian dirancang untuk membuat akses terhadap layanan keuangan lebih adil dengan data alternatif. Sebagai solusi yang sesuai di tengah masa yang penuh dengan ketidakpastian situasi ekonomi. 

Kolaborasi dengan 3 Indonesia ini memfasilitasi pertumbuhan pemberian pinjaman berbasis risiko yang bertanggung jawab. Dan akan menyediakan modal yang dibutuhkan oleh individu dan bisnis untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi jangka panjang secara berkelanjutan di seluruh Indonesia.

“Mendukung dan mendorong inklusi keuangan bagi Indonesia menjadi tujuan utama Experian. Membuka peluang dan mobilitas yang lebih baik bagi konsumen unbanked dan underbanked,” ungkap Managing Director Southeast Asia & Regional Innovation, Experian Asia Pacific, Mohan Jayaraman. (eko)