Perluas Akses Pembiayaan Mikro, Modalku dan BukuWarung Jalin Kerja Sama

FinTechnesia.com | Modalku dan BukuWarung, penyedia ekosistem finansial digital untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia, memulai kerja sama yang bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi 6,5 juta UMKM. Kerjasama ini menjadi langkah solutif menawarkan akses pembiayaan pengadaan barang dan jasa serta membantu perputaran arus kas usaha yang positif.

UMKM segmen mikro merupakan salah satu segmen yang sulit mendapatkan akses ke pembiayaan. Nah, Modalku adalah platform pendanaan digital yang menghubungkan UMKM dengan pendana individu dan institusi

Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan mengatakan, Modalku senantiasa mengajak para pelaku UMKM untuk bangkit bersama dengan solusi pembiayaan secara online. “Harapan kami, kolaborasi ini dapat menjadi salah satu solusi dari tantangan UMKM. Serta bermanfaat untuk kemajuan bisnis mereka,” kata Iwan, Kamis (9/9).

Memperkuat itu, Presiden dan Co-Founder BukuWarung, Chinmay Chauhan menyampaikan, kerja sama dengan Modalku sejalan dengan rencana memperluas layanan keuangan BukuWarung bagi para UMKM pengguna. “Lebih dari itu, kolaborasi BukuWarung dan Modalku juga menjadi wujud upaya bersama untuk memajukan ekonomi digital Indonesia lewat pemberdayaan UMKM,” ujar Chinmay.

Layanan pembiayaan digital bersama Modalku ini melengkapi fitur pembayaran BukuWarung. Sejak September 2020 lalu bermitra dengan bank-bank besar Indonesia dan penyedia dompet digital lain.

Sebelumnya, BukuWarung mengawali layanan aplikasinya pada 2019 dengan menghadirkan pencatatan keuangan digital yang gampang diakses dan digunakan oleh para pelaku UMKM.

Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan pinjaman tanpa agunan hingga Rp 100 juta dengan durasi pinjaman (tenor) hingga 30 hari. Dana bisa digunakan sebagai modal usaha untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis.

Modalku menyediakan layanan pendanaan digital, tanpa jaminan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pendana platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura, Malaysia, dan Thailand dengan nama Funding Societies.

Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 25,6 triliun. Dana itu mengalir kepada lebih dari 4,7 juta transaksi pinjaman UMKM. (eko)