Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

LINE OpenChat Sediakan Fasilitas Ospek Online untuk Universitas

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menggandeng sejumlah Universitas di Indonesia, LINE OpenChat memberikan official group untuk kegiatan ospek masing-masing kampus tersebut. Group official ini dapat menampung hingga 200.000 anggota.

Adapun dengan kapasitas group chat sebesar 5.000 anggota untuk setiap groupnya. Layanan ‘undang dengan link’ dapat memudahkan panitia ospek dalam mengundang mahasiswa baru bergabung tanpa harus mengumpulkan nomor telepon masing-masing mahasiswa.

Layanan BOT (mesin penjawab otomatis) juga diaktifkan untuk memudahkan komunikasi diantara para mahasiswa. Bot ini dapat berfungsi untuk menyambut mahasiswa baru, mengatur jadwal atau pengingat kegiatan yang berkaitan dengan ospek, dan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diutarakan oleh para mahasiswa. Sehingga panitia tidak perlu lagi menjawab hal yang sama secara berulang. 

Cindy Ayu, Wakil Kepala Divisi Manajemen Informasi Penerimaan Raya Mahasiswa Baru Universitas Padjajaran 2021, mengatakan kapasitas ruang percakapan yang besar di LINE OpenChat sangat bermanfaat dalam menyebarkan informasi seputar kegiatan ospek dan perkuliahan di Unpad secara efektif dan realtime.

“Selain memudahkan dalam komunikasi, bot penjawab otomatis juga sangat membantu dalam mengelola grup,” tambahnya, Selasa (14/9).

Hingga saat ini grup LINE OpenChat Universitas Padjajaran (Unpad) telah memiliki anggota hingga 5.300 mahasiswa baru.

Ngurah Dinata, Menteri Komunikasi, Media, dan Informasi BEM Universitas Udayana, mengatakan LINE OpenChat sangat memudahkan dalam mengumpulkan dan mengelola diskusi karena chat roomnya bisa mencapai 5000 orang.

“Selain itu, ada banyak fitur yang membantu, seperti pengumuman dan bot filter spam,” kata Ngurah.

Universitas Udayana (Unud) telah menggunakan LINE OpenChat sejak tahun 2018. Ink media menghubungkan para maba dan bertukar informasi terkait kegiatan ospek pada tingkat universitas dan fakultas. 

Sebagai aplikasi yang banyak digunakan oleh generasi Z, LINE berupaya menciptakan ekosistem yang supportif terhadap berbagai kebutuhan penggunanya.

“Terlepas dari kondisi pandemi, dengan keahlian digital yang dimiliki, LINE melalui fitur OpenChat berharap dapat menjangkau lebih banyak universitas di Indonesia untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan,” ujar Trisnia Anchali Kardia, Chief Commercial Officer LINE Indonesia.

Beberapa universitas lain telah bergabung dan menjadikan LINE OpenChat sebagai platform resmi untuk kegiatan ospek. Yakni University’s Diponegoro, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Multimedia Nusantara, dan Universitas Islam Indonesia. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER