Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Indosat Ooredoo dan 3 Indonesia Resmi Merger, Ini Detailnya

BACA JUGA




Pemerintah Indonesia memiliki 9,6% saham, PT Tiga Telekomunikasi Indonesia memiliki 10,8% saham. Lalu pemegang saham publik lainnya memiliki kira-kira 14% saham.

Dengan persetujuan pemegang saham Indosat Ooredoo, para pihak akan menominasikan Vikram Sinha sebagai CEO dan Nicky Lee sebagai CFO Indosat Ooredoo Hutchison.

Ahmad Al-Neama akan tetap menjalankan tugasnya sebagai Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo lalu Cliff Woo akan tetap bertugas sebagai CEO H3I hingga proses merger selesai. Jka disetujui Indosat Ooredoo, Ahmad dan Cliff akan duduk di Dewan Komisaris perusahaan gabungan.

Aziz Aluthman Fakhroo, Managing Director Ooredoo Group mengatakan, dengan kesepakatan ini, pihaknya fokus menyelesaikan transaksi dan bekerja sama dengan CK Hutchison menggabungkan keahlian dari masing-masing grup telekomunikasi global untuk membangun perusahaan telekomunikasi digital kelas dunia di Indonesia.

“Perusahaan gabungan akan membawa nilai dan keuntungan yang signifikan bagi para pemangku kepentingan,” kata Aziz, Kamis (16/9).

Baca juga: Merger Molor, Pemegang Saham Utama Indosat Ooredoo Dan 3 Indonesia Perpanjang Negosiasi

Canning Fok, Group Co-Managing Director of CK Hutchison Holdings mengatakan, kesepakatan ini kesempatan besar membangun perusahaan telekomunikasi yang lebih kuat dan inovatif di Indonesia.

Indosat Ooredoo Hutchison akan dapat memperluas jaringannya dan menyempurnakan layanan, kualitas, serta kecepatannya. CK Hutchison telah berinvestasi dan mengoperasikan bisnis telekomunikasi di 12 pasardunia.

“Banyak di antaranya sukses menggelar jaringan 5G. Saya berharap ini akan menjadi kemitraan jangka panjang yang sukses ke depan,” kata Canning.

Penyelesaian transaksi ini bergantung pada persetujuan pemegang saham Ooredoo Group, CK Hutchison, dan Indosat Ooredoo, persetujuan regulator. Jika semua persetujuan berhasil didapatkan, maka penggabungan ini diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2021.

JP Morgan bertindak selaku penasihat keuangan eksklusif untuk Ooredoo Group. Goldman Sachs & Co. dan HSBC bertindak selaku penasihat keuangan gabungan untuk CK Hutchison. Barclays bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Indosat Ooredoo. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER