Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

UMKM Maker dan Reseller Lokal Jadi Kunci Pulihkan Ekonomi Nasional

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Menurut riset PDAT terbaru, Tokopedia menjadi e-commerce paling populer di kalangan UMKM. “Tokopedia dinilai memberikan frekuensi transaksi tersering, memiliki kualitas fitur terbaik yang mudah dioperasikan oleh penjual hingga memberikan omzet penjualan terbesar bagi para UMKM,“ ungkap AVP of Product Tokopedia, Puput Hidayat, Kamis (16/9).

Selain itu, para UMKM menilai Tokopedia unggul dalam memberikan manfaat. Antara lain membuka akses terhadap pasar nasional, memberi dukungan terhadap produk atau UMKM lokal dan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual.

Di sisi lain, data internal Tokopedia mencatat kini ada lebih dari 11 juta penjual di platform dan hampir 100% UMKM. “UMKM lokal di Tokopedia terdiri dari maker (produsen) maupun reseller. Mereka sama-sama berkontribusi pada perekonomian digital,” jelas Puput.

Ia menambahkan, UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi.

Berbagai inisiatif tersebut turut mendongkrak kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fesyen, Kecantikan, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak dan Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat di Tokopedia selama kuartal II 2021. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER