Perkuat Wirausaha Sosial, Ini Langkah Bank DBS Indonesia

FinTechnesia.com | Bank DBS Indonesia melalui DBS Foundation dan Instellar kembali menggelar DBS Foundation Social Enterprise (SE) Bootcamp 2021. Ini ada lab suatu program akselerasi yang berfokus pada penyelesaian masalah sosial melalui inovasi bisnis.

SE Bootcamp diselenggarakan berkelanjutan untuk mendukung wirausaha sosial. Ini dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis, beradaptasi di era kenormalan baru (new normal). Serta mengoptimalkan dampak sosial terhadap masyarakat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, SE Bootcamp 2021 tidak hanya diperuntukan bagi wirausaha sosial dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin beralih menjadi wirausaha sosial. Tapi juga masyarakat yang ingin mempelajari lebih lanjut terkait pengembangan bisnis berdampak sosial bersama para pakar bisnis berpengalaman.

DBS Foundation berkomitmen tidak hanya berfokus pada pertumbuhan bisnis melainkan menciptakan dampak sosial yang positif bagi masyarakat. Termasuk dengan memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi para wirausaha sosial.

Head of Group Strategic Marketing and Communication, Bank DBS Indonesia, Mona Monika mengungkapkan, wirausaha sosial berperan penting dalam menyelesaikan berbagai permasalahan sosial serta membantu pemulihan perekonomian Indonesia pascapandemi.

“Pada DBS Foundation SE Bootcamp tahun ini, harapan kami dapat berkontribusi mempercepat akselerasi bisnis para wirausaha sosial dan UMKM yang ingin beralih menjadi wirausaha sosial. Sehingga akan ada lebih banyak lagi wirausaha sosial yang hadir, tumbuh dan berkembang bersama DBS,” terang Mona.

Berlangsung dari September hingga Desember 2021, SE Bootcamp 2021 terdiri atas dua macam pelatihan.

  1. Masterclass
    Pada SE Bootcamp 2021, DBS Foundation secara perdana meluncurkan Masterclass. Dapat diikuti siapapun, baik wirausaha sosial, pelaku UMKM, hingga perorangan yang tertarik di bidang bisnis sosial. Setiap Masterclass berlangsung selama dua jam dan dapat diakses melalui Zoom maupun platform Cakap.
  2. Intensive Class
    Empat Intensive Class yang dapat diikuti khusus oleh para wirausaha sosial dan UMKM yang ingin beralih menjadi wirausaha sosial untuk mengakselerasi bisnisnya. Dipandu oleh para pakar bisnis dari Instellar, para wirausaha sosial akan menggali lebih dalam mengenai cara mengembangkan bisnis mereka dengan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki. (yof)