Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Digitalisasi, Bank Banten Gandeng PT FDS Dengan Sistem AWS

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank Banten memaksimalkan layanan elektronik perbankan dengan basis teknologi mumpuni. Ini sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 12 Tahun 2021

Salah satu langkahnya, menggandeng PT Fortress Data Services (FDS) melalui penggunaan teknologi Amazon Web Services (AWS). 

Kerjasama telah ditandatangani Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin, Direktur Utama FDS Sutjahyo Budiman, dan Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto Jumat (17/9) lalu. Bank Banten akan mewujudkan ekosistem layanan digital banking yang bisa diandalkan.

Ketentuan mengenai bank digital dalam POJK itu diatur dalam bab IV. Pasal 23 menyatakan bank Berbadan Hukum Indonesia (BHI) dapat beroperasi sebagai bank digital dan wajib memiliki satu kantor fisik sebagai kantor pusat.

Bank Banten mempersiapkan fondasi transformasi menggandeng FDS melalui penggunaan teknologi AWS. Transformasi ini dilakukan agar nasabah hingga operasional perbankan untuk di masa yang akan datang semakin mudah dan efisien. 

Nantinya emiten berkode saham BEKS akan mengembangkan ekosistem layanan digital. Sehingga tidak hanya mengandalkan dari pendapatan bunga. 

“Kita kembangkan ekosistem yang akan memberikan kontribusi bukan hanya pendapatan bunga, tapi juga fee based incomeFee based income punya potensi cukup besar dengan tingkat risiko yang bisa dikendalikan,” ujar Agus.

Sutjahyo menjelaskan, transformasi berupa digitalisasi proses. Namun, ke depan peluang membuat super apptetap ada. Sembari melihat perencanaan dalam kurun waktu tiga bulan ke depan. “Kita sudah menganalisis, melihat nature Bank Banten, sampai saat ini belum ada rencana untuk melakukan super app, yang kita lakukan digitalisasi proses, melakukan dengan partnershisp,” kata Sutjahyo.

Baca juga: Siapkan Digitalisasi, Bank Banten Gunakan Amazon Web Services

FDS menggunakan AWS untuk mengimplementasikan sistem transformasi di bank Banten. “Sebagai platform yang komprehensif dan diadopsi secara luas di dunia, AWS menyediakan layanan yang memungkinkan perusahaan jasa keuangan untuk mempercepat proses tujuan transformasi,” kata Sutjahyo.

Menurut Sutjahyo, selama sepuluh tahun berturut-turut AWS telah menjadi penyedia infrastruktur, platform, dan layanan terbaik. AWS memiliki berbagai fitur yang dilengkapi dengan teknologi terkini, memiliki standar keamanan yang tinggi dalam menjaga privasi data nasabah, dan sangat mendukung kami dalam melakukan migrasi aplikasi dari tradisional menjadi cloud-agnostic. 

Bagi FDS, AWS memberikan bantuan dalam bentuk peningkatan kapabilitas SDM perusahaan. Sehingg bisa memahami dan mengerjakan semua pekerjaan yang berhubungan dengan cloud. 

Dari segi kecepatan, FDS tidak perlu lagi melakukan pengadaan hardware yang memakan waktu sekitar 4 pekan hingga 6 pekan dan perlu dilakukan setiap terjadi penambahan.

Dari segi keamanan, FDS mempercayakan AWS yang telah menjalankan praktik-praktik terbaik dan patuh terhadap standar-standar global. Selain menjaga keamanan infrastruktur, AWS juga menyediakan tools keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggannya untuk mengamankan aplikasi dan data mereka di cloud.

Gunawan mengatakan, AWS menyediakan layanan kepada institusi keuangan, perbankan, pembayaran, pasar modal dan asuransi, dengan infrastruktur dan layanan yang aman dan tangguh yang dibutuhkan industri ini. “Untuk membedakan mereka hari ini dan beradaptasi dengan kebutuhan yang akan datang,” ujar Gunawan.

Pendapatan utama BEKS masih ditopang paling besar oleh pendapatan bunga sebesar Rp 180 miliar pada Agustus 2021. Meningkat 168% dari posisi Maret 2021. 

Porsi pendapatan dari fee based incomemasih terbilang kecil, yakni sebesar Rp 19,6 miliar pada Agustus 2021. Tapi meningkat 299% dari posisi Maret 2021. 

“Kami akan terus bersama partner dengan aplikasi layanan digital akan mengupayakan peningkatan fee based income. Harapan kami bisa komposisinya itu dobel digit, tidak kecil, kisaran 10%-15%,” ujar Agus.

Bank Banten memiliki captive marketd ari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga sejumlah industri strategis di wilayahnya. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER