Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Anies Baswedan Gandeng Pemerintah Berlin Kembangkan Ekosistem Startup di Jakarta

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkongsi dengan Pemerintah Negara Bagian Berlin menjalankan proyek Smart Change. Proyek yang didanai Uni Eropa ini untuk meningkatkan pembangunan perkotaan yang terintegrasi melalui program kemitraan antar kota.

Kemitraan tersebut untuk mendukung Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan dengan mempercepat transformasi digital dan program transformasi kota 4.0 di Jakarta. Kerjasama ini menggandeng Prasetia dan Ecoxyztem, sebagai mitra proyek dalam mengelola Program Designers Lab (PDL).

PDL merupakan sarana pelatihan bagi Startup Support Organizations (SSOs) untuk mengimplementasikan program kewirausahaan bagi startup di Jakarta. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan program-program Startup Support Organization dengan visi dan misi Jakarta Smart City.

Melalui program pelatihan, para peserta akan dihadapkan dengan tantangan yang paling mendesak saat ini. Tantrngan terjadi karena pandemi COVID-19 dengan berfokus pada topik smart city, layanan publik, dan mobilitas.

Sister city partnership Jakarta-Berlin memfasilitasi pertukaran dan kolaborasi yang bukan cuma enghasilkan kegiatan yang nyata bagi kedua kota, tetapi juga telah membuka peluang dan inspirasi khususnya bagi kami di Jakarta. Kami berharap kerja sama ini tidak hanya berlanjut tetapi semakin kuat,” kata Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, pekan lalu

Sebanyak 23 SSO yang berpartisipasi berasal dari berbagai latar belakang. Seperti inkubator, akselerator, startup studio, pusat kewirausahaan berbasis universitas, dan inkubator pemerintah. Organisasi-organisasi tersebut mewakili dan telah mendukung lebih dari 5.000 startup di Indonesia.

Kerja sama Jakarta dan Berlin sangat aktif selama 25 tahun terakhir. Kerja sama yang erat antara Jakarta dan Berlin adalah acuan kegiatan smart city di masa depan. Selain itu juga dalam hal pertukaran ekonomi yang lebih kuat. “Bagi Berlin, Jakarta adalah gerbang bagi pertukaran sumber daya di kawasan ASEAN,” ungkap Sawsan Chebli, the Berlin State Secretary for International Affairs.

Program Designers Lab akan menjadi platform untuk pengembangan kapasitas, berbagi keahlian, dan jaringan kerja antara Berlin dan Jakarta untuk Startup Support Organizations. Seluruh peserta akan mendapatkan pengakuan dan sertifikasi dari Jakarta Smart City untuk selanjutnya dapat menciptakan ekosistem Smart City 4.0. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER