Rabu, 17 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Gangguan Telkom Usai, Layanan IndiHome dan Telkomsel Normal Kembali

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Seluruh layanan TelkomGroup, baik fixed broadband termasuk IndiHome maupun mobile broadband milik Telkomsel sudah kembali normal. Dan dapat diakses pelanggan seluruh Indonesia seperti sedia kala.

Layanan TelkomGroup sempat mengalami penurunan kualitas akibat gangguan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam – Pontianak hari Ahad (19/9) lalu.

Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia Tbk, Pujo Pramono mengatakan, hingga hari ini (24/9) kapasitas bandwidth telah mencapai target pemulihan 100% layanan, seiring dengan bertambahnya kapasitas sebesar 1 Tbps kemarin malam.

“Hal ini tidak lepas dari upaya peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back-up dan alternatif khususnya jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Dengan demikian, layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband sudah 100% kembali normal,” ujar Pujo, Jumat (24/9).

Sementara itu, terkait perbaikan kabel laut JaSuKa yang menjadi biang kerok gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. Telkom tengah melakukan penyiapan tim, cableship dan segala kebutuhannya untuk mempercepat proses penyambungan kabel.

Diperkirakan untuk perbaikan kabel laut ini akan selesai pada pekan kedua Oktober 2021 bahkan bisa lebih cepat. Pada saat yang sama, Telkom berhasil melakukan upaya rerouting dan back-up link.

Sehingga perbaikan layanan TelkomGroup termasuk IndiHome dapat kembali normal seperti sediakala tanpa perlu menunggu selesainya penyambungan kabel laut tersebut. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER