Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

PermataBank Juga Sediakan Layanan Pembayaran QR Lintas Negara

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PermataBank terpilih menjadi bank partisipan implementasi inisiatif cross-border QR Payment. Ini bagian Indonesian Payment System Blueprint 2021. Sebelumnya CIMB Niaga dan CIMB Thai juga berkongsi melayani QR lintas negara ini.

Implementasi QR lintas negara fase awal ini tak lepas dari upaya Bank Indonesia (BI) yang telah bekerja sama dengan Bank of Thailand. Sehingga pengunjung Thailand dapat melakukan pembayaran dengan scan QR di seluruh merchant QRIS di Indonesia. Sebaliknya pengunjung Indonesia ke Thailand bisa melakukan pembayaran QR di semua merchant di Thailand.

Fitur ini ke depan akan dapat dinikmati oleh nasabah melalui aplikasi mobile banking super app PermataMobile X. Nasabah yang sedang berada di luar negeri tak perlu lagi menukar uang di money changer atau menarik uang di ATM luar negeri.

Direktur Retail Banking PermataBank, Djumariah Tenteram mengatakan, sejalan upaya BI menciptakan sistem pembayaran yang efisien, PermataBank menjadi salah satu bank partisipan dalam implementasi QR Pay Cross-Border. Nantinya mudah diakses melalui PermataMobile X.

“Keterlibatan PermataBank sejalan imbauan pemerintah mewujudkan ekosistem cashless society. Partisipasi ini juga menjadi wujud nyata kami memberikan pelayanan keuangan yang simplefast, dan reliable bagi nasabah,” kata Djumariah, Kamis (23/9 

Tahap awal implementasi QR Pay Cross-Border, nasabah PermataBank dapat melakukan pembayaran menggunakan Thai QR Codes milik Thailand. Yakni melalui aplikasi digital banking PermataMobile X.

Baca juga: CIMB Niaga dan CIMB Thai Sediakan Layanan Pembayaran QR Lintas Negara

Selanjutnya, pemerintah juga akan memperluas penerapan fitur ini ke QR code milik negara lain. Sehingga nasabah PermataBank ke depannya dapat menikmati kemudahan dalam bertransaksi di berbagai negara. 

Abdy D. Salimin, Direktur Teknologi dan Operasi PermataBank mengungkapkan, mobile banking super app PermataMobile X bisa melakukan pembayaran dengan scan QR code di semua merchant yang sudah mengadopsi QRIS. Kini sudah mencapai 8,17 juta merchant QRIS di Indonesia.

Dengan kerja sama cross-border QR Payment BI dan Bank of Thailand ini, nasabah dan merchant di kedua negara dapat melakukan dan menerima pembayaran berbasis cross-border QR payment secara instan.

Dengan demikian, nasabah PermataBank dapat menggunakan PermataMobile X QR Pay untuk pembayaran ketika berbelanja di Thailand. Demikian juga pengunjung Thailand ke Indonesia bisa melakukan pembayaran dengan aplikasi pembayaran berbasis QR di seluruh merchant QRIS Indonesia. 

Transaksi menggunakan QRIS salah satu cara pembayaran yang praktis dan menguntungkan bagi masyarakat. Terutama di pandemi Covid-19 yang mendorong transaksi tanpa uang fisik atau secara cashless and frictionless.

“Sejak peluncurannya pada 2020, fitur QR Pay berbasis QRIS di PermataMobile X disambut dengan sangat baik oleh nasabah. Dan mengalami pertumbuhan transaksi yang signifikan yaitu lebih dari 300% yoy,” klaim Abdy. 

Artajasa menjadi mitra PermataBank untuk menghadirkan kemudahan pada nasabah melalui implementasi QR Code cross border ini. “Kerja sama ini menandai komitmen dua perusahaan untuk mendorong aktivitas perekonomian dan perbankan yang lebih efisien, mudah, dan nyaman bagi masyarakat,” kata Direktur Bisnis Artajasa, Anthoni Morris. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER