Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Siapkan Beragam Infrastruktur dan Teknologi di PON XX Papua

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Telkom Indonesia Tbk resmi menjadi Official Platinum Telco Partner PON XX Papua 2021. Emiten berkode saham TLKM itu akan menjadi partner resmi yang akan mendukung infrastruktur, jaringan, dan layanan telekomunikasi selama pergelaran PON XX Papua 2021 berlangsung.

TelkomGroup menyediakan digital connectivity, digital platform dan digital service di area pertandingan (venue), hotel dan akomodasi, bandara, media center, dan security. 

Layanan berupa internet dengan totalbandwidth lebih dari 11,5 Gbps. Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,9%.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate mengatakan, Telkom telah membangun rute-rute baru mengantisipasi putusnya kabel laut. “Sehingga akses komunikasi dan internet di Papua berjalan lancar,” ujar Johnny, Jumat (24/9). 

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, PON XX Papua 2021 merupakan momentum istimewa dan berbeda dibanding PON sebelumnya. Selain dilaksanakan di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung, PON tahun ini untuk pertama kalinya dilaksan di ufuk timur Indonesia. 

Baca juga: Telkomsel Pastikan Kesiapan Jaringan Broadband dan Digital PON XX Papua 2021

Papua nantinya akan dikenal tidak hanya karena keindahan alam dan ragam budaya, juga keberhasilannya dalam menyukseskan event PON. “Telkom mendukung penuh sukses penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dengan menghadirkan infrastruktur kelas dunia. Seperti yang pernah kami lakukan pada event besar nasional dan internasional sebelumnya,” kata Ririek

Telkom menyediakan 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome. Ratusan perangkat IndiHome ini di beberapa lokasi vital. Termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding. 

Selain itu, sebanyak 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021, ruang publik, dan bisa diakses masyarakat secara gratis.

Telkom juga menyediakan 2 Satelite News Gathering dan 4 media center. Yakni satu main media center di Kota Jayapura serta 3 mini media center di Kab. Japaura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke.

Di layanan mobile, Telkomsel telah memastikan penguatan sinyal dengan mengerahkan 192 BTS. Telkomsel turut memastikan kesediaan pasokan energi listrik untuk BTS prioritas dengan menyiagakan puluhan genset, puluhan support catu daya (SCD) mobile, serta optimalisasi kapasitas baterai di setiap BTS. 

Lalu ada Telkomsel 5G Experience Center di Stadion Lukas Enembe. Layanan ini memberikan pengunjung, terutama masyarakat Papua untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam memanfaatkan teknologi revolusioner melalui use case yang dilengkapi teknologi 5G.

Monitoring sistem dan jaringandilakukan secara hybrid. Mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi RPA (Robotic Process Automation) dan machine learning.

Metode smart monitoring diterapkan untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan, dan memastikan seluruh sistem bisa berjalan secara baik sesuai fungsinya. Telkom juga menyediakan 1.000 paket tracking vehicle dengan teknologi IoT serta digital marketing platform sebanyak 2,35 juta SMS broadcast.

Tim juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) Di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, serta kabel bawah laut. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER