Jumat, 29 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung UMKM Naik Kelas dengan QRIS, Ini Langkah BI, BNI dan BukuWarung

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Memanfaatkan Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Bank BNI dan BukuWarung mendukung UMKM naik kelas.
Per 17 September 2021, QRIS sudah diadopsi 10,4 juta pelaku usaha/merchant, termasuk UMKM. 

Bahkan, 96% merchant pengguna QRIS tergolong UMKM. Hingga akhir 2021, BI menargetkan sebanyak 12 juta merchant sudah terintegrasi dengan QRIS.

Pengadopsian QRIS dalam bertransaksi merupakan langkah penting memperluas literasi keuangan dan pengembangan digitalisasi UMKM. Pengadopsian QRIS dapat menaikkan kelas UMKM karena mendorong pelaku usaha memiliki rekening bank, yang lebih lanjut membantu mereka berstatus bankable guna memperoleh berbagai layanan perbankan. Termasuk bantuan permodalan. 

Selain itu, metode QRIS yang sifatnya nontunai dan nirsentuh dapat mendukung transaksi UMKM yang lebih memenuhi protokol kesehatan. Dengan demikian, diharapkan realisasi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui pemberdayaan UMKM bisa dipercepat. 

Transformasi digital semakin penting mendorong pemulihan ekonomi. Sebagai pilar penting dalam perekonomian Indonesia, UMKM perlu didukung dengan digital features yang mudah serta ekosistem keuangan digital yang terintegrasi. 

Bank Indonesia (BI) bersama industri dan asosiasi meluncurkan QRIS yang merupakan game changer untuk metode pembayaran ritel. “QRIS menjadi solusi pembayaran yang lebih sehat di masa pandemi karena meminimalisir kontak saat transaksi dan hal ini sesuai dgn rekomendasi WHO,” papar Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Fitria Irmi Triswati, Ahad (26/9).

Sejak diluncurkan pada 2019, penggunaan QRIS telah tersebar di 34 provinsi dan 480 kota atau kabupaten di seluruh indonesia. Kemudahan QRIS telah dinikmati oleh pengusaha berbagi segmen, termasuk UMKM. 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER