Minggu, 14 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dukung UMKM Go Global, Ini Peran Bank BNI Di Trade Expo Indonesia 2021

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kementerian Perdagangan (Kemendag) menggelar Trade Expo Indonesia 2021 atau TEI Digital Edition 2021. Ini kesempatan bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan pembeli dari pasar global. Jadi tanpa perlu pameran di luar negeri. 

Eksibisi perdagangan lintas batas negara terbesar di Indonesia ini akan dilaksanakan secara hibrid. Yaitu secara daring pada 21 Oktober 2021 hingga 4 November 2021. Lalu secara offlinepada 21 Oktober – 20 Desember 2021. 

Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi mengatakan, pemerintah memberi kesempatan luas bagi para pelaku usaha, terutama segmen usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) mempromosikan produk-produk mereka melalui event ini. “TEI 2021 ke-36 ini bertema Reviving Global Trade. Diharapkan menggairahkan kembali perdagangan global yang sempat mengalami kelesuan akibat Covid-19,” katanya, Senin (27/9). 

Pada penyelenggaraan TEI 2021 ini, Bank BNI ikut berpartisipasi sebagai official bank partner. Ini dukungan BNI terhadap upaya pemerintah dalam memacu pertumbuhan ekspor non migas. Terutama melalui para pelaku usaha di segmen UMKM.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar menjelaskan, peran BNI dalam mendorong kinerja ekspor non migas di masa pandemi ini di antaranya menyediakan dukungan yang dapat membantu UMKM RI naik kelas go global melalui BNI Xpora. 

Ia mengungkapkan, untuk mendorong kinerja ekspor non migas, BNI mempunyai jaringan luar negeri yang luas, sebagai competitive advantagedibanding perbankan nasional lain. 

“Ke depan BNI akan memperkuat peranan Kantor Cabang Luar Negeri sebagai sumber international funding, mengantarkan eksportir Indonesia go global, serta membawa investasi ke Indonesia (foreign direct investment),” katanya.

Selain itu, melalui Kemendag, BNI ikut mendorong pasar ekspor RI lewat kerja sama dengan skema imbal dagang B2B terhadap 35 negara mitra proyek percontohan. Sehingga, hal ini dapat memberikan tambahan nilai ekspor, menghemat devisa, serta mengatasi dan membantu kesulitan ekonomi bagi pelaku ekspor dengan skala yang kecil.

Adapun keunggulan BNI di segmen  perbankan internasional di antaranya terlihat dari capaian kinerja bisnis trade finance. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER