Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

GoTo dan OJK Mengajak Masyarakat Jadikan UMKM Lokal Sebagai Pilihan Utama

BACA JUGA




FinTechnesia.com |GoTo, grup teknologi i Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial mendorong bisnis UMKM melalui gerakan bangkit bersama. Gerakan ini terdiri dari inisiatif lengkap dan holistik agar produk UMKM menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Inisiatif holistik ini melibatkan UMKM, konsumen, dan mitra driver agar tercipta hubungan yang saling menguntungkan. GoTo sendiri telah menjadi pilihan para pelaku UMKM go-digital. Dengan lebih dari 4 juta UMKM baru yang bergabung di Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial selama pandemi.

GoTo ingin terus berkontribusi supaya UMKM bisa tetap berjualan, bisa membantu operasional dan pengelolaan. “Kami ingin terus berinovasi supaya bisa jadi jembatan. Inisiatif bangkit bersama kami susun supaya juga fokus di daerah agar lebih banyak UMKM bisa masuk ke ekosistem,” terang CEO Grup GoTo dan CEO GoTo Financial, Andre Sulistyo, Kamis (30/9).

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Masa pandemi juga memukul UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner (43,09%), jasa (26,02%) dan fashion (13,01%).

Baca juga: Sumbangkan Rp 300 Triliun ke Perekonomian, Ini Cara GoTo

Di sisi lain, Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara menjadi incaran para pemain global. Peluang ini harus bisa dimanfaatkan UMKM Indonesia supaya bisa jadi pemain utama di pasar tanah air, bukan penonton.

Dalam kesempatan yang sama, juga diikuti dengan penandatanganan prasasti Kampus UMKM Bersama di GoTo UMKM Center, Solo Technopark antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan GoTo.

Prasasti ini menandai komitmen bersama kedua pihak yang berfokus mengangkat lebih banyak UMKM unggulan daerah melalui peningkatan literasi keuangan dan kapasitas usaha agar naik kelas, terus bertumbuh, dan mampu bersaing dengan brand global.

Indonesia memiliki penduduk yang banyak dan bisa dikembangkan termasuk literasi keuangan dan pemanfaatan teknologi. “Kami berusaha mengawal bukan membatasi. Kami juga berusaha membawa pemanfaatan teknologi kepada UMKM. UMKM harus bisa kita bimbing, didik dan tuntun untuk memanfaatkan teknologi,” terang Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER