Sabtu, 13 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Dua Aplikasi Ini Mendukung Para Penyandang Disabilitas

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Indosat Ooredoo menggelar program SheHacks dan IDCamp, yang menyasar penyandang disabilitas. Kedua program memiliki satu tujua sama. Yaitu mencari solusi real-life yang aplikatif bagi pertumbuhan talenta digital dan ekonomi digital di Indonesia.

Melalui SheHacks 2021, program inovasi untuk memberdayakan lebih banyak perempuan Indonesia bidang teknologi, Indosat Ooredoo mengumumkan Ruang Terang, sebuah aplikasi yang ramah disabilitas, sebagai salah satu pemenang di tahun ini. 

Ruang Terang menghadirkan solusi bagi penyandang disabilitas dengan menciptakan ruang yang lebih luas dalam mengakses pendidikan formal dan informal. Selain itu terhubung dengan komunitas disabilitas. Platform ini dikembangkan oleh Tim Triasih.

Ruang Terang memiliki tiga layanan ramah disabilitas yang berbasis aplikasi web. Yaitu Smart RoomCreative Room, dan Inclusion Room untuk meningkatkan taraf pendidikan, skill personal, dan awareness bagi penyandang disabilitas. 

Ruang Terang berbeda dengan platform edukasi pada umumnya. Ruang Terang menghadirkan video tutorial penggunaan bahasa isyarat dan huruf braille. Serta menyediakan fitur talkbacklive transcriptiongroup chatlive chat dengan tutor, forum diskusi bagi orang tua. Juga konsultasi dengan psikolog bagi orang berkebutuhan khusus.

Selain melalui SheHacks, Indosat Ooredoo turut mendukung pemberdayaan penyandang disabilitas melalui program IDCamp. Ini sebuah program beasiswa untuk mencetak developer/programmer muda Indonesia yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. 

Sejak diluncurkan pada tahun 2019, IDCamp telah memberikan beasiswa belajar coding bagi 1.512 penyandang disabilitas. Di akhir program, Indosat Ooredoo menggandeng Dicoding untuk membantu talenta digital lulusan terbaik IDCamp memperoleh sertifikasi dan akses pengembangan karier.

SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang mengatakan, Indosat Ooredoo percaya pemanfaatan teknologi digital harus bersifat inklusif agar mampu memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat. 

“Program-program, seperti SheHacks dan IDCamp memberdayakan generasi muda melalui pemanfaatan teknologi digital secara inklusif dan penyaluran bakat digital, juga menyasar penyandang disabilitas,” terang Steve, Rabu (29/9). (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER