Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Menekan Biaya Transmisi, XL Axiata dan Huawei Implementasi Solusi Broadband

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sejumlah teknologi jaringan telah diujicoba untuk membangun jaringan 4G. Dan menyediakan layanan internet cepat hingga ke area-area terpencil.

Maka, XL Axiata menggandeng Huawei Indonesiamelakukan uji coba solusi broadband nirkabel bernama Huawei RuralStar Pro. Dengan salah satu fitur utama. yaitu LTE for backhaul. 

Uji coba dilakukan di Kalimantan. Dan menjadi solusi untuk memperluas koneksi broadband ke daerah-daerah terpencil yang selama ini sering terkendala dengan persoalan terkait akses backhaul yang terbatas. 

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya sering menghadapi persoalan terkait dengan akses backhaul terbatas. Akhirnya menjadi salah satu faktor penghambat perluasan jaringan di daerah-daerah terpencil.

Huawei RuralStar Pro, menghadirkan terobosan pada desain radio base station dengan kemampuan mengintegrasikan baseband, perangkat pemancar radio, dan sekaligus LTE for backhaul nirkabel, pada satu modul. 

Dengan konsep LTE for backhaul ini, spektrum operator yang biasanya hanya untuk keperluan akses radio perangkat pengguna atau radio akses, dapat digunakan juga untuk menyediakan akses antar radio base station (backhaul). 

“Fitur ini mampu menekan biaya sewa transmisi yang mahal. Sebelumnya perlu dikeluarkan operator seperti pada penggunaan microwave dan satelit,” kata Gede, Sabtu (2/10)

Account Director of Huawei Indonesia XL Account, Catherine Guan mengatakan, Huawei telah lebih dari 21 tahun berkiprah di Indonesia. “Implementasi teknologi Huawei RuralStar Pro ini merupakan dukungan nyata XL Axiata untuk membantu pemerintah dalam menyediakan jaringan 4G di wilayah Indonesia yang sangat luas,” ujar Catherine. 

RuralStar telah diterapkan di lebih dari 60 negara. Dan mampu membantu menyediakan konektivitas bagi lebih dari 50 juta orang di komunitas pedesaan. 

Seri RuralStar Pro ini telah mendapatkan pengakuan sebagai Best Mobile Innovation for Emerging Markets di ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2021 di Barcelona, ​​Spanyol.

Huawei Indonesia berharap solusi ini akan mempermudah upaya XL Axiata menyediakan jaringan 4G di daerah terpencil. Dan membantu menjembatani kesenjangan digital, termasuk dalam upaya menyediakan kemudahan akses internet cepat selama masa pandemi COVID-19. 

Dengan tersedianya akses internet cepat, maka berbagai layanan digital untuk masyarakat di area terpencil bisa tersedia. Termasuk mendukung pembelajaran online untuk sekolah serta memfasilitasi komunikasi klinik kesehatan.  (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER