Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Tumbangnya WhatsApp, Facebook dan Instagram Terlama Dalam Sejarah, Harga Saham Facebook Turun 5%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kompak, Facebook,, Instagram dan WhatsApp tumbang bareng padai Senin (4/10) malam waktu Indonesia. Tumbangnya ketiga merupakan salah satu yang terpanjang dalam sejarah Facebook dalam satu grup. Maklum, Instagram dan WhatsApp kini milik Facebook.

USA Today pada Selasa (4/10) mengabarkan, berdasarkan situs down detector, jejaring sosial dan platform milik Facebook berhenti bekerja sekitar pukul 11:30 Eastern Daylight Time (EDT). Sekitar pukul 17.40, beberapa pengguna dapat mengakses platform. Tetapi tidak semua fungsi kembali.

Jadi gangguan itu lebih dari enam jam. Maret 2021 lalu gangguan serupa muncul, tapi cuma berlangsung sekitar satu jam.

“Kepada semua orang yang terkena kami minta maaf. Kami tahu miliaran orang dan bisnis di seluruh dunia bergantung pada produk dan layanan kami untuk tetap terhubung. Kami menghargai kesabaran Anda saat kami kembali online,” kata Facebook, kepada USA Today.

Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer menulis permintaan maaf lain kepada pengguna di Twitter. “Layanan Facebook sekarang kembali online – mungkin perlu waktu untuk mencapai 100%. Untuk setiap bisnis kecil dan besar, keluarga, dan individu yang bergantung pada kami, saya minta maaf,” kata Mike.

Tumbangnya Facebook bisa mempengaruhi penghasilan perusahaan tersebut. Menurut eMarketer, iklan digital Facebook di Amerika Serikat lebih dari US$ 48 miliar. Itu sebabnya Facebook bergegas memperbaiki agar kembali aktif dan berjalan.

Facebook mengatakan, masalah berasal dari masalah jaringan yang mengganggu komunikasi antara pusat data. Server dan pusat data tidak dapat berkomunikasi. Masalah meningkat berujung pada seluruh sistem.

“Tumbangnya Facebook menjadi salah satu yang terlama yang pernbah dicatat,” kata Luke Deryckx, CTO perusahaan pengujian internet Ookla. Kepopuleran gabungan dari Facebook, Instagram, WhatsApp menyebabkan miliaran pengguna telah terdampak .

Dan pada Senin (4/10), harga Facebook di bursa saham turun hampir 5%. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER