Kamis, 18 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Penyaluran Kredit Bank Tumbuh 1,16% yoy di Agustus 2021

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, stabilitas sistem keuangan masih terjaga. Yakni dengan perbaikan fungsi intermediasi domestik di tengah pemulihan perekonomian nasional yang terus berjalan. 

Hal ini didukung dengan mulai terkendalinya pandemi diikuti peningkatan aktivitas perekonomian nasional. Namun demikian perkembangan global masih perlu dicermati.

Terutama tren peningkatan inflasi akibat penyebaran varian delta, pengetatan kebijakan moneter global yang lebih cepat dari estimasi awal, serta dampak pengetatan regulasi di Tiongkok.

Di sektor perbankan, kredit pada bulan Agustus 2021tumbuh sebesar 1,16% yoy atau 1,91% ytd. Secara sektoral, kredit sektor rumah tangga mencatatkan kenaikan terbesar secara mtm sebesar Rp 4,8 triliun. Sementara, dana pihak ketiga (DPK) tumbuh sebesar 8,81% yoy atau 5,91% ytd.

Perbankan tercatat akomodatif dalam penyaluran kredit untuk mendukung produk dan komoditas berorientasi ekspor yang tumbuh sebesar 4.92% ytd. Sehingga turut mendorong surplus neraca perdagangan Indonesia. 

“Perbankan juga berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional dengan terus menurunkan suku bunganya,” kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo, pekan lalu.

Suku Bunga Dasar Kredit Agustus 2021 terus menurun, seiring penurunan komponen harga pokok dana dan biaya overhead masing-masing sebesar 16 bps dan 10 bps. 

Penurunan SBDK telah diteruskan pada penurunan suku bunga kredit. Antara lain suku bunga kredit modal kerja yang telah turun di bawah level 9% ke level 8,92%. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER