Modalku Gaet Dana Pinjaman US$ 18 Juta

FinTechnesia.com | Grup Modalku memperoleh dana pinjaman sebesar US$ 18 juta dari sindikasi. Dipimpin tiga institusi keuangan, yaitu Helicap Investments, Social Impact Debt Fund yang belakangan ini diluncurkan, dan suatu grup layanan keuangan dari Jepang.

Helicap Securities bertindak sebagai pengurus utama dengan mandat tunggal. Bersama pendanaan yang diterima dari impact investor (firma yang berinvestasi ke usaha-usaha yang memberikan dampak positif secara sosial, budaya, maupun bagi lingkungan hidup) dari Eropa seperti Triodos Investment Management. Ini untuk meningkatkan pinjaman modal usaha di Indonesia.

Grup Modalku tengah berada dalam proses yang lancar untuk menerima pendanaan institusi sebesar US$ 120 juta dengan tujuan mendanai pinjaman bagi perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Asia Tenggara. Ronde pendanaan ini juga memperluas basis pendana institusional Grup Modalku.

Pendanaan ini diperoleh setelah Grup Modalku melewati pemeriksaan keuangan dan uji kelayakan risiko dengan para pendana. Grup Modalku akan menggunakan dana yang diraih untuk mendanai UMKM yang layak dan memajukan misinya untuk mencapai inklusi keuangan di kawasan Asia Tenggara.

Pandemi covid merupakan ujian penting bagi daya tahan Grup Modalku dan telah sukses melewati. Salah satu caranya dengan menggunakan model kredit yang berdasarkan artificial intelligence.

“Pendanaan akan kami gunakan untuk terus mengembangkan dunia pinjaman digital bagi UKM. Kami percaya bahwa ini adalah awal mula dari hubungan jangka panjang dan akan memotori evolusi perusahaan secara konsisten ke depannya,” kata Reynold Wijaya, Co-Founder dan CEO Modalku, Kamis (7/10).

Fasilitas sindikasi sejumlah US$ 18 juta ini diharapkan akan meningkatkan total ronde pendanaan. ersamaan dengan naiknya minat investor dari Asia dan Eropa. (eko)