Penghormatan Khusus untuk Honda di F1 Grand Prix Turki 2021

FinTechnesia.com | Duet tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri menggunakan liveri khusus. Ini penghargaan untuk Honda pada seri balap F1 Grand Prix Turki akhir pekan ini.

Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri akan menampilkan pesan unik pada bagian bodi mobilnya. Bertuliskan “arigato” atau “terima kasih” dalam bahasa Jepang.

Ini bentuk ungkapan rasa Terima Kasih kedua tim balap, Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri kepada Honda.

Juga terima kasih dan apresiasi Honda Racing F1 kepada para penggemar Jepang yang berharap melihat Honda melakukan balapan terakhir kali di Sirkuit Suzuka. Namun perhelatan harus dibatalkan karena adanya pembatasan akibat pandemi Covid-19 di Jepang.

Mobil balap RB16B milik tim Red Bull Racing menggunakan warna dominan putih dipadu dengan merah. Terinspirasi dari mobil balap legendaris Honda RA 272. Ketika pembalap Amerika Serikat, Richie Ginther berhasil meraih kemenangan perdana Honda pada balap F1 Grand Prix Meksiko 1965.

Seri balap F1 Grand Prix Turki merupakan seri balap ke-16 dari total 22 seri balap pada musim F1 2021 ini. F1 Grand Prix Turki berlangsung di sirkuit Intercity Istanbul Park. Berlokasi tidak jauh dari kota Istanbul di Turki. 

Sirkuit ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan selesai serta dibuka dan mulai digunakan pada tahun 2005. Sirkuit ini kembali masuk ke kalender balap F1 pada tahun 2020 lalu setelah absen selama sembilan tahun.

Seperti diketahui, Honda memutuskan untuk mundur dari ajang balap Formula 1 pada akhir tahun 2021 ini. Tapi Honda bersama dengan Red Bull Group telah menyepakati program kerja sama yang berfokus pada berbagai kegiatan motorsport. Termasuk Formula 1, pengembangan pembalap muda dan lainnya.

Red Bull Group juga berhak menggunakan Honda powertrain pada tahun 2022. Hal ini merupakan bentuk dukungan Honda untuk Red Bull Racing dan Tim Scuderia AlphaTauri pada musim balap tahun depan.

Christian Horner, Red Bull Racing Honda CEO and Team Principalmengatakan, kolaborasi Red Bull dan Honda membuahkan hasil yang sangat baik dan sukses pada ajang-ajang motorspoprt. 

“Kami senang proyek Red Bull Powertrains kami akan menjadi didukung oleh Honda. Secara teknis dan operasional, pada tahun 2022. Bentangan perjalanan Formula 1 Honda memang akan segera berakhir tetapi bersama-sama kita akan memulai perjalanan baru yang menarik,” kata Christian, Jumat (8/10).

Koji Watanabe, Chief Officer untuk Operasi Merek dan Komunikasi, Honda Motor Co., Ltd. menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan Red Bull Group mengenai IP untuk Power Unit F1. “Dengan begitu, Honda masih dapat berkontribusi pada dunia balap,” ujar Koji.

Team Principal Scuderia AlphaTauri, Franz Tost menjelaskan, sangat menantikan perjalanan Jepang, melihat Yuki Tsunoda mengemudi di depan orang banyak dimana sirkuit Suzuka juga merupakan salah satu trek balap terbaik di dunia dan selalu memberikan banyak kegembiraan dari para penggemar yang sangat memahami olahraga ini. (yof)