Komunal Resmi Luncurkan Platform Deposito BPR Pertama di Indonesia

FinTehnesia.com | Komunal terus berinovasi membangun Indonesia melalui percepatan inklusi keuangan dan juga pemanfaatan teknologi digital. Financial technology (fintech) Inovasi Keuangan Digital (IKD) tersebut melakukan launching produk terbaru mereka, yakni Komunal Deposito Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Komunal Deposito BPR merupakan produk terbaru PT KSI yang dioperasikan akhir Agustus lalu. Komunal tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Penyelenggara IKD klaster Funding Agent. 

Hingga saat ini Komunal DepositoBPR tersalurkan ke lebih dari 30 BPR dan mencapai lebih dari Rp 24 miliar. PT KSI sudah menggandeng 60 BPR di Jawa dan Bali dan terus akan berkolaborasi dengan berbagai BPR untuk melanjutkan misinya. 

Co-founder dan CEO Komunal, Hendry Lieviant menjelaskan, saat ini digitalisasi di Indonesia berkembang secara Masih di berbagai sektor. Seperti e-commerce, groceries, Telemedicine, dan lain-lain.

Selain itu perkembangan pertumbuhan bank-bank digital di Indonesia satu tahun terakhir ini juga berlangsung sangat cepat. Bagaimana dengan kondisi BPR yang ada saat ini?

Dengan jumlah yang begitu banyak, BPR memiliki kekuatan terus dapat berkembang, meskipun di era yang sulit ini. “Komunal akan terus menggandeng berbagai BPR agar turut serta di dalam proses digitalisasi perbankan memperkuat perekonomian Indonesia,” terang Hendry, Rabu (13/10).

Tentu perlu sinergi dan kolaboras semua pihak. Baik BPR, OJK, maupun calon-calon nasabah Komunal Deposito BPR.

Baca juga: Luncurkan Deposito Digital BPR, Komunal Raih Pendanaan Seri A US$ 2,1 dari East Ventures

Tak kalah penting adalah edukasi masyarakat terhadap keamanan menabung di BPR. Keamanan menabung di BPR dan bank umum adalah sama. Keduanya dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tak kalah penting, suku bunga yang dijamin oleh LPS untuk BPR lebih tinggi dibandingkan Bank Umum.

Awareness masyarakat umum terkait keamanan dan kemudahan menabung di BPR melalui Komunal DepositoBPR perlu terus ditingkatkan.” imbuh Hendry.

Melalui Komunal Deposito BPR, deposan dari mana bisa mendepositkan ke BPR di berbagai daerah. PT KSI tampil sebagai funding agent atau agen pendanaan yang menyediakan platform, menghubungkan calon deposan dengan institusi finansial di seluruh Indonesia.

Terutama dengan BPR yang menawarkan berbagai produk pendanaan deposito yang sangat menarik.

Melalui platform Komunal DepositoBPR, PT KSI membantu percepatan perekonomian Indonesia. Jika banyak dana masyarakat yang ditempatkan ke BPR di berbagai daerah, UMKM bisa mendapatkan pendanaan dari BPR dengan lebih mudah dan proses yang lebih cepat.

Komunal DepositoBPR diharapkan dapat mendorong percepatan digitalisasi perbankan semakin merata. Dan membantu percepatan ekonomi lokal untuk tumbuh. (eko)