Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pariwisata Siap Buka, XL Axiata Perluas Jaringan 4G dan Kenalkan 5G di Bali

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Jaringan XL Axiata di Bali siap menyambut pembukaan kembali pariwisata setelah hampir dua tahun terima as pandemi. Jaringan 4G XL Axiata di Bali terus mengalami peningkatan. 

Meskipun pandemi, XL Axiata terus membangun jaringan di seluruh penjuru Bali. Baik untuk peningkatan kualitas layanan data dan suara di wilayah perkotaan, maupun perluasan ke area-area yang sebelumnya memang belum terjangkau. 

Sebanyak 716 desa/kelurahan di 57 kecamatan dan 9 kabupaten/kota di Bali kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Selain itu, XL Axiata mulai memperkenalkan jaringan 5G kepada masyarakat di Bali.

Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menjelaskan, jaringan XL Axiata sudah siap menyambut segala keperluan mendukung kembalinya para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Kini, di Bali, XL Axiata mengoperasionalkan lebih dari 6.600 BTS. Sebanyak 2.400 di antaranya merupakan BTS 4G. 

“Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat. Mengingat saat ini kami juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Bali,” ujar Gede, Rabu (13/10).

Selain perluasan dan penambahan BTS, XL Axiata melakukan penambahan kapasitas jaringan 4G. Baik dari sisi radio maupun transmisi, serta melalui fiberisasi. Kini sebagian besar BTS di Bali telah terfiberisasi dan akan terus meningkat. 

Baca juga: XL Axiata Perkuat Sinyal 4G di Sekeliling Danau Toba

Setahun terakhir di dalam bayang-bayang pandemi, trafik data XL Axiata di Bali tetap meningkat sekitar 16%. Dengan kenaikan trafik tertinggi ada di Singaraja dan Denpasar sebagai ibukota provinsi. 

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Bali, XL Axiata jugamemastikan kualitas jaringan data. XL Axiata menyiapkan jaringan 4G di Sanur 22 BTS, Kuta 13 BTS, Nusa Dua 39 BTS, Ubud 13 BTS, Kintamani 12, Seminyak 18, Jumbaran 19, Canggu 15, dan Nusa Penida 9 BTS. 

Untuk menopang kebutuhan Denpasar sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 331 BTS. Sementara di Bandara Internasional Ngurah Rai, XL Axiata telah siap dengan 11 BTS 4G, Pelabuhan Tanjung Benoa 4 BTS 4G, dan Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk 3 BTS 4G.

Semua desa wisata yang popular sebagai tujuan pelancong juga sudah terlayani oleh jaringan 4G XL Axiata. 

XL Axiata juga menempatkan Bali sebagai salah satu lokasi prioritas untuk implementasi jaringan 5G. XL Axiata menyiapkan beberapa lokasi demo. 

Untuk demo di XL Center Sunset Road Jalan Sunset Road No. 818, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, pelanggan bisa mencoba demo cloud gaming, 4K video streaming, 360 degree camera untuk live video streaming dan juga VR glass(yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER