Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Bank BNI Digitalkan Layanan Kepabeanan, Cukai dan Ekosistem Logistik Nasional

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Bank BNI menyediakan layanan perbankan untuk mendukung penerapan digitalisasi kepabeanan di Direktorat Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai. Layanan tersebut turut mendukung implementasi Ekosistem Logistik Nasional (NLE).

Dirjen Bea dan Cukai dapat memanfaatkan layanan perbankan BNI untuk memfasilitasi transaksi pembayaran penerimaan negara terkait kepabeanan dan cukai secara elektronik.

Kerja sama ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait pertukaran data billing. Ini akan memberikan kemudahan bagi eksportir dan importir dalam melakukan pembayaran banyak billing secara langsung. Sebelumnya pembayaran tagihan dilakukan satu per satu.

BNI dan Dirjen Bea dan Cukai juga menandatangani PKS NLE. Lewat kesepakatan ini, BNI resmi menjadi bank mitra NLE menyediakan payment gateway bagi seluruh pengguna layanan NLE.

Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan, melalui penandatanganan kedua ini, BNI berkomitmen kmendukung program pemerintah dalam meningkatkan layanan kepabeanan, cukai dan ekosistem logistik nasional melalui simplifikasi dan digitalisasi pembayaran.

BNI telah menyiapkan sistem pembayaran dan pembiayaan pada ekosistem. Sehingga dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan produk perbankan yang mencakup pembayaran secara elektronik, supply chain financing, dan produk serta layanan perbankan lain.

BNI berperan aktif melayani masyarakat yang melakukan setoran kepabeanan dan cukai melalui Modul Penerimaan Negara. “Dalam melakukan pembayaran, masyarakat dapat memanfaatkan channel intbernet anking BNI. Baik korporate maupun personal, teller cabang, ATM & Mini ATM,” ujar Royke, Selasa (12/10). (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER