Rabu, 27 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

YBSMU dan Bank Syariah Indonesia Kembangkan Program ZIS

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (YBSMU), mitra strategis Bank Syariah Indonesia (BSI) meluncurkan program 10.000 untuk Sejuta Kebaikan pada kuartal IV 2021. Dengan program unggulan ini, masyarakat dapat berdonasi dengan Rp 10.000 atau lebih.

Tujuannya ikut berperan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui aplikasi BSI Mobile, bsmu.or.id, dan jadiberkah.id.    

Direktur Marketing & Communication Yayasan BSMU, Risyad Iskandar berharap, program 10.000 untuk Sejuta Kebaikan ini bisa memaksimalkan penghimpunan zakat infaq dan wakaf di Yayasan BSMU.

“Program ini sekaligus menjadi sarana literasi dan edukasi masyarakat terkait pentingnya ZISWAF,” kata Risyad, Kamis (21/10).  

Delapan program unggulan ini diantaranya Zakat Orang Tua Asuh, Infak Peduli Masjid, Infaq Beras untuk Santri, infaq Bantuan COVID-19; Infaq Kemanusiaan; Wakaf Uang Produktif, Wakaf Ambulance, dan Wakaf Pembangunan Masjid. 

Sampai September 2021, realisasi penyaluran zakat, infaq dan dana sosial Yayasan BSMU sebesar Rp 48 miliar.  

Untuk program Zakat, Yayasan BSMU mempunyai campaign Orang Tua Asuh. Zakat yang terkumpul untuk membantu biaya pendidikan dan pembinaan bagi bagi siswa-siswi binaan melalui program Sahabat Pelajar Indonesia (SPI).  

Selain itu dana zakat jntuk membina dan melatih mahasiswa menjadi wirausahawan muda yang memiliki kepedulian sosial melalui  Islamic  Sociopreneur Development  Program (ISDP). Saat ini jumlah penerima manfaat program ISDP adalah sebanyak 130 mahasiswa dari 7 kampus di Indonesia.  

Sedangkan untuk infak total ada empat campaign yaitu Peduli Masjid, Beras untuk Santri, bantuan COVID-19 dan Infaq Kemanusiaan.  Infaq Peduli Masjid selain pembangunan masjid juga untuk pemeliharaan dan penyediaan fasilitas masjid.  Infaq Peduli Masjid untuk pembangunan, renovasi, dan fasilitas masjid atau musholla yang ada di seluruh Indonesia.  

Untuk Infaq Beras untuk Santri, akan digunakan untuk menyediakan beras berkualitas kepada penghafal atau Tahfidz Al Quran di Rumah Tahfidz Quran di Parung Bogor, Cimahi dan  rumah belajar Al Quran di Tangerang. Beras ini dari para petani binaan Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) di Lampung Tengah.  

Ada juga Infaq Bantuan COVID-19 yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi. Bantuan kegiatan penanganan COVID-19 di antaranya pengadaan alat kesehatan, pembuatan sentra vaksinasi untuk masyarakat umum dan bantuan sembako bagi dhuafa yang terdampak. 

Untuk Infaq Kemanusiaan akan digunakan untuk pengadaan bantuan medis dan pangan yang menjadi kebutuhan primer para penyintas bencana. Bantuan medis dan pangan menjadi kebutuhan primer para penyintas bencana.  

Terkait program Wakaf ada Wakaf Uang Produktif, Wakaf Ambulance, dan Wakaf Pembangunan Masjid. Wakaf Uang Produktif akan digunakan untuk pengoptimalan perekonomian desa.

Ini melalui Pertanian Kopi dan Desa Berdaya Sejahtera Indonesia (Desa BSI) yang  ada di Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.  

Wakaf Ambulance untuk pengadaan ambulans dan ditujukan untuk bantuan kebencanaan, layanan kesehatan, dan pelayanan pemulasaraan jenazah bagi masyarakat umum. Sedangkan Wakaf Pembangunan Masjid, untuk mensukseskan pembangunan masjid-masjid yang juga berkolaborasi dengan BSI. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER