Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Lebih dari 100 Juta Menonton YouTube Setiap Bulan, Naik 30%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Berdasarkan survei ComScore VMX, lebih dari 100 juta penonton unik berusia di atas 18 tahun di Indonesia menonton video di YouTube setiap bulan. Jumlah ini naik 30% dari tahun kemarin. 

Sebagian besar pertumbuhan ini datang dari kota-kota di Tingkat 2 dan 3. Apapun waktu tonton mencapai 4,3 jam per hari.

“YouTube adalah platform yang bagus untuk belajar. Kenaikan waktu tonton hingga 100% untuk video terkait keuangan menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mempelajari kemampuan baru selama pandemi,” terang Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia pekan lalu.

Studi Google Juni 2021 menyoroti hal ini dan menunjukkan, semakin banyak Gen-Z yang semakin melek dengan literasi keuangan. Seperti belajar investasi dan pengelolaan keuangan.

Untuk kategori makanan, pada masa pandemi masyarakat Indonesia suka menonton video mukbang populer. Namun, mereka juga belajar cara membuat resep masakan baru.

Dalam kategori drama, drama Korea jadi semakin populer. “Juga dengan channel-channel dari Indonesia seperti Layar Drama Indonesia di RCTI,” terang Randy. 

YouTube juga menyampaikan kini ada 1.000 channel di Indonesia dengan jumlah subscriber lebih dari satu juta. 

Dan ada 25 kreator Indonesia yang telah mendapatkan Diamond Play Button. Ia berhasil melampaui 10 juta subscriber. 

Semua kreator ini membuat video dalam berbagai format. Mulai dari YouTube Shorts hingga video berdurasi panjang dan live streaming.

Banyaknya format iklan yang tersedia di YouTube memungkinkan brand mendorong tindakan. “Dan memungkinkan kreator konten menjangkau audiens baru yang lebih luas,” kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing di Google Indonesia. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER