Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

IPO Mitratel Berpotensi Bisa Mengalahkan Bukalapak

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Setelah Bukalapak yang mengumpulkan dana Rp 21,9 triliun dari penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) jumbo di Indonesia berlanjut. PT Dayamitra Telekomunikasi atau Mitratel juga bersiap mengeduk dana besar. 

Anak perusahaan PT Telkom Indonesia Tbk itu menawarkan sebanyak-banyaknya 29,85% saham kepada publik. Dan mulai melakukan penawaran awal (bookbuilding) saham, yang dijadwalkan berlangsung hingga 4 November 2021. Adapun pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diharapkan terbit pada 12 November 2021. 

Dalam book building, Mitratel menawarkan sebanyak 25,5 miliar saham pada rentang harga Rp 775 sampai dengan Rp 975.

Berdasarkan jumlah saham dan harga saham Mitratel tersebut, maka perkiraan dana yang akan diperoleh Mitratel berkisar Rp 19,79 triliun hingga Rp 24,9 triliun. 

Penawaran umum rencananya akan dilaksanakan pada 16-18 November 2021 dan pencatatan saham (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 22 November 2021.

“Melalui IPO ini diharapkan dapat meningkatkan perhatian investor regional maupun internasional terhadap Mitratel,” ujar Direktur Utama Mitratel, Theodorus Ardi Hartoko, Selasa (26/10).

Rencananya, Mitratel akan menggunakan 40% dana hasil IPO untuk belanja modal (capital expenditure) organik, 50% untuk belanja modal anorganik, dan 10% untuk modal kerja serta kebutuhan perseroan lainnya. “Mitratel juga tengah mempersiapkan strategi untuk ekspansi jangka panjang di Asia Tenggara dan Asia Pasifik,” kata Theodorus. 

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah beharap, aksi korporasi itu dapat mendukung upaya pengembangan bisnis Mitratel ke depan, khususnya terkait penyediaan menara telekomunikasi.

“Ke depan, Mitratel memiliki potensi pertumbuhan yang baik seiring dengan perkembangan teknologi terlebih dengan kehadiran 5G yang membuat kebutuhan operator terhadap menara telekomunikasi meningkat,” ucapnya. (hlm)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER