Senin, 25 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

GoPay dan BEI Perluas Program Edukasi FinanSiap, Cetak Investor Ritel Pemula

BACA JUGA




FinTechnesia.com | GoPay dan Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi memberikan edukasi keuangan. Sekaligus pengelolaan aset yang lebih baik serta cerdas untuk meningkatkan literasi keuangan. Edukasi bagian dari perluasan program FinanSiap ini menyasar masyarakat kelompok usia muda yang sekarang menjadi kelompok investor ritel terbesar di pasar modal Indonesia.

Program FinanSiap untuk menjawab kebutuhan peningkatan literasi keuangan di tengah masyarakat yang semakin melek teknologi serta investasi. Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), terjadi kenaikan jumlah investor pasar modal.

Dari 2.484.354 pada tahun 2019 menjadi 3.880.753 pada akhir tahun 2020. Bahkan mencapai angka 6.610.173 pada 15 Oktober 2021 lalu.

Data Per-September 2021, tercatat 59,23% dari total investor pasar modal merupakan kalangan anak muda di bawah usia 31 tahun. Namun, hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) ketiga Otoritas Jasa Keuangan pada 2019 mengenai indeks literasi keuangan, hanya 38% dari total penduduk Indonesia yang memiliki literasi keuangan yang baik.

Program FinanSiap terdiri dari rangkaian konten edukasi. Dalam bentuk website, artikel, video, webinar, infografis, serta podcast. Program ini melibatkan berbagai pakar dan ahli pasar modal sebagai pemateri serta narasumber.

Materi edukasi FinanSiap yang tersedia di gopay.co.id/finansiap disusun ke dalam tiga modul. Yakni perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan dan pengenalan jenis investasi.

Chief Marketing Officer GoPay, Fibriyani Elastria menjelaskan, GoPay terus memperluas fungsi dan penggunaan. Membantu mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.

“Melalui program edukasi FinanSiap yang telah kami mulai sejak Juli lalu, kami telah menjangkau 56.000 penonton melalui diskusi virtual yang dengan para pakar keuangan dan investasi,” kata Fibriyani, Senin (25/10).

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi menyatakan, Gopay, Gojek, dan Tokopedia sudah menjadi bagian dari keseharian. tidak hanya memiliki keterlibatan serta basis konsumen yang luas, tetapi juga ekosistem layanan yang lengkap.

“Kami berharap sinergi BEI dengan GoTo bersama kekuatan ekosistemnya dapat membawa tingkat literasi keuangan yang lebih tinggi di kalangan masyarakat Indonesia,” kata Hasan. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER