Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Didukung Telkomsel, Beehive Drones Uji Coba Drone Logistik Medis

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Beehive Drones melakukan uji coba operasional pesawat tanpa awak antar pulau dan daerah terpencil untuk last-mile delivery. Uji coba di Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada akhir Oktober 2021.

Aktivitas uji coba ini bagian rangkaian rencana Beehive Drones sebagai penyedia sistem logistik obat-obatan untuk masyarakat di pulau dan daerah terpencil. Kegiatan uji coba ini berkat kerja sama Beehive Drones dengan Tinc (TelkomselI nnovation Center), Departemen Teknik Transportasi Laut ITS, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, serta Kabupaten Sumenep.

Kabupaten Sumenep memiliki sejumlah gugusan pulau kecil yang sangat membutuhkan sistem logistik terpadu. Selama ini, kebutuhan logistik di gugusan pulau tersebut dilayani oleh kapal. Namun kapal tidak selalu siap memasok kebutuhan logistik setiap dibutuhkan.

Beehive Drones berusaha menyediakan pesawat tanpa awak yang mengirimkan suplai medis. Uji coba ini jadi aktivitas pertama pesawat tanpa awak yang mengirimkan suplai medis antar pulau dan daerah sulit dijangkau.

Targetnya, pesawat tanpa awak untuk kebutuhan logistik medis tersebut bisa dioperasikan di semester pertama tahun 2022.

CEO Beehive Drones, Albertus Gian Dessayes, menyatakan, bagi sistem logistik Indonesia, drone adalah jawaban praktis atas permasalahan last-mile delivery. Distribusi konvensional jadi lebih bisa terbantu karena drone memberikan kecepatan waktu antar dan kepraktisan sistem distribusi.

Tinc mendukung Beehive Drones untuk mengembangkan solusi drone medical delivery. Harapannya, ekosistem drone medical ini membantu industri kesehatan di dalam negeri maupun di luar negeri.

Beehive Drones merupakan salah satu startup yang tergabung dalam  Tinc, sebuah program corporate accelerator Telkomsel. Saat ini Beehive Drones tengah berada pada tahapan akhir menuju commercial release.

Vice President Business Development Telkomsel, Jockie Heruseon mengatakan, inisiatif bersama Beehive Drones ini salah satu contoh perwujudan komitmen Tinc untuk dapat  berkolaborasi dengan startup menghadirkan solusi digital inovatif yang dapat memecahkan permasalahan di tengah-tengah masyarakat. Pemanfaatan teknologi pesawat tanpa awak membantu masyarakat di area-area yang sulit terjangkau.  

“Inisiatif ini juga sejalan dengan komitmen Telkomsel mendorong pemanfaatan teknologi digital secara merata untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia hingga wilayah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal),” kata Jockie, Ahad (31/10). (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER