Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ultah ke-3 Mitra Tokopedia: Penghasilan 9 dari 10 Pegiat Usaha Tradisional Meningkat

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Survei Tokopedia mengenai dampak Mitra Tokopedia pada Oktober 2021 mencatat, sekitar 80% pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, menjadikan Mitra Tokopedia berperan sebagai usaha tambahan. Serta membantu situasi finansial mereka selama pandemi.

AVP of New Retail Tokopedia, John Hadiwidjaja, mengungkap, “9 dari 10 penjual mengalami peningkatan penghasilan lebih dari 50% setelah bergabung dengan Mitra Tokopedia.

“Mereka mengaku dapat meningkatkan kesejahteraan dengan memiliki tabungan, membayar sekolah anak dan terbebas dari utang,” kata John, Selasa (2/11).

Dalam rangka HUT ke-3 Mitra Tokopedia, Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki berharap, Mitra Tokopedia senantiasa mengambil peran mengakselerasi digital pelaku UMKM. Khususnya pegiat usaha tradisional, para pedagang warung.

“Pelaku UMKM, khususnya usaha mikro – termasuk di dalamnya warung, sangat berpotensi memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Juga kemajuan serta pemulihan ekonomi nasional,” kata Teten.

Survei Mitra Tokopedia tersebut juga mencatat hampir 60% penjual yang menggunakan fitur Grosir di Mitra Tokopedia mengaku lebih efisien. Mereka bisa memanfaatkan promo di aplikasi dan bertambah penghasilan. Tidak perlu menutup toko ketika memperbarui stok produk dagangan mereka.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menjelaskan, melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Kementerian Koperasi dan UKMdalam program Digitalisasi Warung pada 3 November 2021 diharapkan membantu pegiat usaha tradisional berkontribusi terhadap perekonomian digital khususnya di tengah pandemi.

Tokopedia akan melakukan program bimbingan kepada pegiat usaha yang tergabung dalam program ini. Bimbingan teknis meliputi cara memulai bisnis di Tokopedia dan cara mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara daring.

“Sehingga lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah dan memperoleh  perlindungan hukum terhadap usaha,” tambah Astri. 

Beberapa produk digital paling populer di Mitra Tokopedia meliputi pembayaran BPJS, air dan listrik. Sementara produk Grosir juga meningkat nilai transaksinya hingga 12x lipat dibandingkan dengan tahun pertama Mitra Tokopedia diluncurkan.

Saat ini, Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional. Dan melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER