Jumat, 22 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Metrodata Bukukan Laba Bersih Rp 351,4 Miliar, Meningkat 31,3%

BACA JUGA




FinTechnesia.com | PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) optimistis dapat bertumbuh melebihi target di akhir tahun 2021. MTDL berhasil mencatatkan kinerja positif pada Kuartal III-2021.

Penjualan sebesar Rp 12,1 triliun atau meningkat 20,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pencapaian ini berhasil diraih di tengah ketatnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diberlakukan pemerintah dalam upaya mengurangi penyebaran Covid-19.

Susanto Djaja selaku Presiden Direktur MTDL mengatakan, pencapaian ini tidak terlepas dari kontribusi kedua unit bisnis MTDL. Yaitu unit bisnis Distribusi dan unit bisnis Solusi & Konsultasi.

Unit bisnis Distribusi mengalami banyak permintaan akan kebutuhan produk TIK di tengah pandemi. Di sisi lain, unit bisnis Solusi & Konsultasi meskipun mengalami cukup banyak tantangan, dapat diatasi secara bertahap.

“MTDL optimistis dapat bertumbuh melebihi target pada tahun 2021 ini. Di atas target yang sebelumnya ditetapkan pada akhir tahun 2020 sebesar 10%,” kata Susanto, pekan lalu.

Kontribusi pertumbuhan penjualan di unit bisnis Distribusi didukung oleh diversifikasi produk. Terutama Chromebook dan produk gaming.

Walaupun sempat terjadi kelangkaan produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kuartal III-2021, MTDL berhasil membukukan kinerja penjualan yang baik.

Salah satu upaya, diversifikasi produk notebook dan PC yang ketersediaannya cukup terbatas. Yaitu dengan memasarkan produk Chromebook dan menjalankan partnership bersama brand baru.

Pada unit bisnis Solusi & Konsultasi, penjualan salah satunya dikontribusikan oleh penyediaan produk dan implementasi untuk mendukung pelaksanaan proyek KOMI (Konverter BI-FAST System MII).

Lalu, performa penjualan Cloud dan solusi lainn dari delapan pilar solusi digital MTDL. Yaitu Cloud Services, Big Data & Analytics, IT Security, Hybrid IT Infrastructure, Business Application, Digital Business Platform, Consulting & Advisory Services, dan Managed Services juga secara umum meningkat di tengah pandemi.

Pada Kuartal III-2021 MTDL membukukan laba bersih sebesar Rp 351,4 miliar. Meningkat 31,3% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kontribusi laba bersih pada unit bisnis Distribusi meningkat 44,4%. Unit bisnis Solusi & Konsultasi meningkat 19,9%.

“Berbagai proses seperti pemesanan dan pengiriman produk dapat dilakukan secara seamless karena infrastruktur yang memungkinkan proses kerja secara remote,” ungkap Randy Kartadinata, Direktur MTDL.

Di Kuartal III-2021 MTDL melakukan investasi pada venture capital dan matured start-up company yang bergerak di bidang e-groceries. Ke depan MTDL akan terus melakukan investasi pada bisnis yang memiliki platform digital dalam rangka memperkuat ekosistem digital di Indonesia.

“MTDL juga optimis akan mencapai pertumbuhan double digit untuk penjualan dan laba bersih di tahun 2021. Mengingat akselerasi transformasi digital yang dipercepat oleh pandemi akan terus berlanjut sebagai bagian dari era new normal,” tutup Susanto. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER