Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Saat Pandemi, XL Axiata Mencetak Laba Bersih Rp 1,02 Triliun

BACA JUGA




FinTechnesia.com | XL Axiata menjaga pertumbuhan pendapatan berturut-turut. mempertahankan kinerja positif di sepanjang kuartal ketiga 2021. 

Pencapaian tersebut ditandai pendapatan tumbuh 1,5% dibandingkan kuartal sebelumnya (QoQ). EBITDA juga naik 1,5% QoQ. Dengan tingkat margin yang sehat di atas 50%. 

Selanjutnya, total jumlah pelanggan bertambah 1,2 juta selama periode triwulan ketiga ini. Dengan ARPU (pengeluaran per pelanggan) blendedyang juga sehat di Rp 37.000.

Juga tercatat pendapatan data terhadap pendapatan layanan (service revenue) meningkat menjadi sebesar 95%. Dengan penetrasi smartphonemencapai 92% dari total pelanggan. Pencapaian kedua hal ini yang tertinggi di Industri. 

Meskipun kompetisi industri tetap ketat, XL Axiata tetap terus melanjutkan investasi pada pembangunan jaringan data pita lebar. Saat ini jariangan 4G XL Axiata telah menjangkau 458 kota/kabupaten yang ditopang oleh 69.000 BTS 4G. Total BTS (2G/3G/4G) XL Axiata saat sebanyak 153.000.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, pihaknya berupaya keras melalui periode kuartal ketiga 2021 yang cukup berat, di tengah kompetisi industri yang tidak pernah kendor. 

XL Axiata tetap melanjutkan digitalisasi secara end-to-end di hampir semua lini bisnis, antara lain dengan mengimplementasikan analisa berbasis artificial intelligence untuk meningkatkan efisiensi dalam operasional. Selain itu tentu dengan tetap membangun jaringan untuk meningkatkan kualitas layanan seiring dengan trafik yang juga terus meningkat. 

“Di sisi produk, pada periode ini kami telah meluncurkan produk konvergensi yang pertama di Indonesia, bernama XL Satu Fiber. Yang menawarkan banyak manfaat bagi pelanggan,” kata Dian, Selasa (9/11). 

XL Axiata mencatat total pendapatan selama periode kuartal ketiga 2021 sebesar Rp 6,8 triliun. Sebanyak Rp 6,3 triliun di antaranya merupakan pendapatan layanan. 

Sementara itu, total pendapatan sepanjang sembilan bulan 2021, tercatat Rp 19,8 triliun. Dann Rp 18,3 triliun di antaranya merupakan pendapatan layanan. 

EBITDA kuartal ketiga 2021 tercatat sebesar Rp 3,4 triliun, dengan margin 50%. EBITDA sepanjang sembilan bulan tercatat Rp 9,9 triliun.

XL Axiata tetap berhasil meraih laba di periode ini. Laba bersih di periode sembilan bulan 2021 tercatat sebesar Rp 1,02 triliun. Sedangkan laba bersih yang dinormalisasi tercatat sebesar 835 miliar.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER