Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Telkom Siapkan Digitalisasi di Kawasan Mandalika

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sejalan upaya pemerintah menjadikan Mandalika sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyediakan konektivitas, platform, dan layanan digital.

Telkom siap mendukung digitalisasi di kawasan Mandalika. Terutama di Mandalika International Street Circuit, tempat d rangkaian event internasional seperti World Superbike dan MotoGP.

Adapun uji jaringan dilakukan pada tersebut dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan. Baik berupa kabel bawah laut maupun radio IP.

Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko mengatakan, Telkom tengah mempersiapkan seluruh fasilitas ICT untuk Mandalika, bekerja sama dengan ITDC Group.

Telkom memastikan infrastruktur dan layanan di Mandalika dalam kondisi prima dengan konfigurasi alternatif backup yang baik. Uji untuk memastikan bahwa infrastruktur seperti jalur backbone. Baik main route maupun alternative route bekerja dengan baik, jalur transport regional serta yang lainnya.

“Semoga penyediaan fasilitas ICT dan digitalisasi ini menjadi wujud kontribusi TelkomGroup untuk memajukan Indonesia. Khususnya NTB menjadi lebih baik lagi,” ungkap Herlan, Jumat (5/11).

Ada dua peran utama TelkomGroup dalam mendukung digitalisasi di Kawasan Mandalika. Yaitu sebagai penyedia infrastruktur ICT. Dan sebagai pendukung UMKM serta ekosistem di sekitar kawasan.

Untuk infrastruktur ICT, TelkomGroup telah melakukan penggelaran jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya hingga penambahan Node B Combat Telkomsel memenuhi kebutuhan ICT di kawasan sebesar 7.22 Gbps.

Dukungan ini disediakan di area MASIV (Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue). Dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Sementara itu, terkait dengan dukungan bagi UMKM, TelkomGroup menyediakan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage. serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps.

Dukungan tersebut diselenggarakan melalui berbagai platform dan booking apps. Adapun beberapa platform yang dimiliki TelkomGroup turut mendukung di antaranya seperti Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Demi memastikan pengamanan infrastruktur dan layanan ICT selama pelaksanaan event di kawasan Mandalika, TelkomGroup juga telah membentuk posko pengawalan di lokasi. Dengan jalur eskalasi bertingkat mulai dari lokal, regional, hingga nasional. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER