Selasa, 26 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

RS Metropolitan Medical Center Dapat Sentuhan IoT dari XL Axiata

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sektor kesehatan menjadi serbuan digitalisasi. XL Axiata Business Solutions mengembangkan solusi internet of things (IoT) wearable device untuk mengukur kondisi kebugaran seseorang.

Solusi IoT dipilih karena mampu memberikan visibilitas secara real-time di mana pun dan kapanpun. Tanpa batasan jarak dan waktu. 

Untuk penggunaan layanan ini lebih lanjut, XL Axiata menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC). Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto mengatakan, XL Axiata Wearable Device ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat.

XL Axiata Wearable Device merupakan perangkat yang mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan. 

“Semua sinyal tersebut secara terus menerus dan instan diukur kemudian dianalisa dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata. Sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran pengguna dari waktu ke waktu,” kata Feby, Jumat (12/11). 

Kelebihan lain, notifikasi yang dapat diatur untuk memberikan peringatan apabila ada perubahan tertentu yang terjadi. Perangkat ni akan sangat membantu dan memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki kebugaran mereka. Ataupun untuk deteksi dini masalah jantung dan pernapasan.

CEO RS MMC, Roswin Rosnim Djaafar mengatakan, pihaknya selalu berusaha menghadirkan value tambahan bagi seluruh pasien. Salah satunya solusi IoT bersama XL Axiata Business Solutions.

Dengan adanya perangkat IoT Wearable Device atau Smart Healthcare di Wellness Centre RS MMC, diharapkan pasien akan lebih peduli pada kondisi tubuh masing-masing karena saat ini sudah dapat mengukurnya secara realtime

“Pasien akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap. Bukan hanya dilengkapi fitur smart healthcare yang dapat mengukur dan mendeteksi kebugaran pasien. Juga pendampingan langsung oleh dokter spesialis RS MMC,” terang Roswin.

Perangkat smart healthcare ini akan hadir pada wellness centre RS MMC. Selanjutnya perangkat cerdas ini akan digunakan oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga saat mengontrol dan melakukan rekondisi pada pasien. 

Berbeda dengan pusat kebugaran pada umumnya, selain tersedia fasilitas yang serupa dengan gym dan outdoor jogging trackWellness Centre disertai pula dengan pendampingan dan pemantauan langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

“Ke depan, kami berharap akan bisa terus mengembangkan solusi berbasis IoT untuk sektor teknologi kesehatan. Serta memperkaya insight yang didapat. Kami akan memperluas kerjasama dengan sejumlah pusat kesehatan dan juga pusat kebugaran,” papar Feby.

Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan. Terdiri dari firma skala besar dan UKM. Mereka bergerak di lebih dari 330 sektor industri. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER