Selasa, 23 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Grab Indonesia Perkuat Kemitraan Strategis dengan Kemenkop UKM

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Grab meneken nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM). Nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis guna mendukung perluasan digitalisasi dan peluang ekonomi yang merata bagi pelaku UMKM di Indonesia yang telah dijalin Grab Indonesia dan Kemenkop UKM sejak September 2020 lalu.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan, bergabungnya UMKM ke platform digital seperti Grab telah membantu mengoptimalkan potensi di tengah tantangan-tantangan masa sulit tersebut.

“Kapasitas digital yang mumpuni ini perlu ditingkatkan ke skala besar. Sehingga target Pemerintah Indonesia untuk mendigitalisasi 30 juta pelaku UMKM pada 2024 bisa terwujud,” imbuh Teten, Selasa (16/10).

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia percaya melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan soft-skill, didukung jaringan ekosistem Grab yang luas, para pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas mereka untuk berkembang dan bersaing di era ekonomi digital.

“Kami berharap implementasi dari kolaborasi dengan KemenkopUKM dapat membantu upaya pemulihan ekonomi. Dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM di Indonesia,” kata Neneng.

Baca juga: Grab dan Kemenkop Perluas Digitalisasi UMKM

Di bawah naungan kemitraan strategis ini, Grab Indonesia akan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan UMKM. Dan menghadirkan berbagai dukungan program digitalisasi bagi pelaku UMKM tanah air.

Grab juga telah merencanakan berbagai inisiatif baru. Termasuk inisiatif peringatan Hari UMKM Nasional bersama Kemenkop UKM pada 12 Agustus 2022 mendatang.

Sejak 2020 lalu, Grab telah menjadi mitra strategis Kemenkop UKM memperluas dampak sosial dan ekonominya dalam pemberdayaan kapasitas UMKM. Sejumlah program kolaborasi oleh Grab Indonesia dan Kemenkop UKM telah dilakukan.

Seperti ​​ inisiatif Kota Masa Depan bersama Emtek dan Bukalapak untuk mendorong digitalisasi UMKM. Berfokus pada tiga prioritas, yakni vaksinasi, adopsi platform digital (onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak) serta dan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER