Masuk Musim Hujan, Yayasan BSMU Gelar Pelatihan Pertolongan Permukaan Air

FinTechnesia.com | Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) melalui BSMU Care melakukan pelatihan teknis pencarian dan pertolongan di permukaan air dengan mengundang 23 lembaga di Jabodetabek. Hal ini untuk mengantisipasi bencana banjir yang terjadi di musim hujan.  

Pelatihan dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai manajemen bencana. Selain itu pelatihan akan menjadi latihan kemampuan dalam penanganan. Dan penanggulangan risiko bencana terutama Banjir di Jabodetabek.  

Pelatihan ini dilakukan di Danau Sunter, Jakarta Utara, Selasa-Rabu, 16-17 November 2021. Dihadiri oleh 23 lembaga dan 45 peserta.

Seperti Human Initiative, DMC Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Rumah Zakat dan Brimob Polri. Dalam pelatihan ini juga didatangkan 8 pelatih profesional. Yaitu dari Human Initiative, DMC Dompet Dhuafa; Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan tenaga medis.  

Direktur Program Care Yayasan BSMU, Ilham Syahputra berharap, dengan pelatihan ini, peserta bisa mempunyai kapasitas yang semakin bagus dalam penanggulangan bencana banjir.

“Beberapa hal yang dipelajari yaitu terkait bantuan korban evakuasi banjir dan penyelamatan korban banjir,” kata Ilham, Selasa (16/11).  

Targetnya setelah pelatihan ini, peserta bisa mempunyai kapasitas lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Dengan pelatihan ini juga diharapkan peserta bisa meningkatkan kapasitas menghadapi potensi bencana banjir Jabodetabek pada musim hujan tahun ini.  

Koordinator Rescuer Kantor Bazarnas Jakarta, Rizki Dwianto berharap, dengan pelatihan ini bisa meningkatkan kapasitas atau kompetensi relawan.  

“Hal ini terutama untuk mengantisipasi potensi pertolongan dan pencarian serta evakuasi untuk antisipasi musim hujan,” kata Rizki. Sehingga jika nanti ada permintaan bantuan bisa terjadi sinergitas antara Basarnas dengan relawan .  

Pelatihan peningkatan pengetahuan dan kemampuan relawan kemanusiaan ini merupakan program rutin digelar Yayasan BSMU tiap tahun.

Dalam dua hari pelatihan, hari pertama peserta akan mendapatkan materi. Kemudian di hari kedua akan dilakukan sesi praktek.  

Materi pelatihan di antaranya pengenalan perahu OCEAN Inflatable Boat LCR atau perahu karet yang bisa digunakan untuk kegiatan rescue (banjir dan bencana alam). Teknik motor tempel dan motoris.  

Selain itu, juga pengenalan river boat dan teknis mendayung. Lalu Teknik penyelamatan di permukaan air dan bantuan hidup dasar.  

BSMU Care adalah bagian dari Direktorat Program Care Yayasan BSMU, yang mempunyai divisi Disaster Care. Disaster Care mempunyai tugas yaitu mengelola Rescue and Recovery (Penyelamatan dan Pemulihan) dan Disaster Risk Reduction (Pengurangan Risiko Bencana). (eko)