Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ancaman Siber ke Korporasi Marak, Telkomsel Luncurkan Telkomsel IoT Sphere

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Telkomsel serius mengembangkan solusi digital berbasis layanan internet of things (IoT). Terutama terkait tingginya kebutuhan konsumen, terutama segmen enterprise atau korporasi terhadap keamanan aset dan jaringan yang sangat rentan pada berbagai serangan siber.

Maka, Telkomsel meluncurkan Telkomsel IoT Sphere. Yakni solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindungan optimal pada jaringan pelanggan dari segala ancaman dan eksploitasi komprehensif yang dapat menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan.

Vice President IoT Telkomsel, Alfian Manulang mengatakan, Telkomsel melihat banyak perusahaan semakin mengadopsi beragam teknologi komunikasi berbasis digital.

Salah satunya mengimplementasikan teknologi IoT.  “Dengan Telkomsel IoT Sphere, kami berupaya membuat aset IoT perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai potensi ancaman. Seperti virus maupun gangguan berbahaya lain dengan mekanisme yang praktis. Dilengkapi sistem mitigasi yang dapat mendeteksi potensi ancaman secara otomatis dan real-time,” terang Alfian, Rabu (24/11).

Berbagai fitur tersebut meliputi Just on Click, Security and Threats protection, Device Agnostic, dan Routing & Filtering

Fitur Just on Click membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail. 

Security and Threats protection merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan. Sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat. 

Device Agnostic ymemungkinkan platform dapat diaplikasikan ke semua perangkat maupun aplikasi. Dan didukung End Device Protection serta sistem monitoring ancaman yang non-intrusif.

Kemudian Routing & Filtering yang memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas dalam mengatur koneksi data dengan segmentasi yang komprehensif dan filtering system yang kuat. Sehingga keamanan koneksi data tetap terjaga.

“Hadirnya sistem keamanan terintegrasi ini konsumen di segmen enterprise dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis. Mereka tak perlu mengkhawatirkan serangan siber yang dapat merusak aset dan mengganggu produktivitas perusahaan,” jelas Alfian.

Telkomsel IoT Sphere menjadi layanan smart security solutions yang dapat diaplikasikan untuk beragam kebutuhan keamanan oleh lintas sektor industri.

Sektor perbankan dapat memanfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan mesin ATM dari serangan siber. Seperti phishing maupun ancaman lain.

Kantor pelayanan publik seperti Samsat juga dapat mengoptimalkan sistem keamanan cloud Telkomsel IoT Sphere untuk menjaga keamanan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sensitif. Hingga startup dompet digital bisa meningkatkan pengamanan transaksi konsumen melalui mesin electronic data capture (EDC). (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER