Begini Sepuluh Tips Belanja Cerdas ala Netizen

FinTechnesia.com | Sebagai aplikasi pra-belanja dengan fitur cashback, perbandingan harga, misi belanja, daftar pantau, voucher, dan rewards, ShopBack juga ingin belajar tips belanja dari para konsumen Indonesia.

Beberapa waktu lalu ShopBack sempat melempar survei mini di Twitter. Tujuannya mengumpulkan tips belanja cerdas terbaik. Mungkin sudah banyak artikel tips belanja pintar di luar sana, tapi mendengar pengalaman dan trik netizen langsung tentu berbeda.

Mengutip rilis, Rabu (24/11) simak 10 tips dari netizen untuk memaksimalkan keuntungan belanja Anda.

  • Periode Promo = Periode tepat untuk eksperimen/coba-coba

Beberapa netizen mengatakan, mereka ingin mencoba makanan atau merek yang belum mereka pernah coba sebelumnya. Atau ingin sekadar belanja iseng-iseng dan self-reward (bukan belanja kebutuhan pokok/penting). Mereka akan memanfaatkan promo sehingga barang-barang atau makanan tersebut bisa dicoba di harga termurah. Jika barang atau rasa makanan tak sesuai harapan. Paling tidak biaya yang keluar tidak terlalu besar.

  • Paham harga offline dan harga normal di toko online

Salah satu tips menarik dari para netizen adalah sering-sering memperhatikan harga produk di toko offline dan toko online. Bandingkan harga normal dan harga ketika masa promo. Semakin mengerti besar tidaknya perbedaan harga, semakin kita paham di mana tempat berbelanja paling tepat.

  • Manfaatkan free ongkir hingga next level

Seorang netizen mengatakan, kalau Anda membeli tiga atau lebih barang dari satu toko yang beratnya melebihi jatah gratis ongkir, coba beli terpisah supaya tetap mendapatkan promo gratis ongkirnya. Contoh: body lotion, shampoo, dan lain-lain.

Cara lain untuk berhemat ongkir adalah, jika barang ongkir barang cukup mahal, coba cari produk serupa dari toko yang lebih dekat dengan domisili Anda. Lalu pakai jasa antar yang memberikan potongan harga.

  • Cek harga dan ongkir barang dari beberapa toko di satu domisili

Cek serta bandingkan harga dari beberapa toko yang satu domisili dengan Anda. Selain harga, periksa juga ulasan-ulasan produk dan tokonya serta ongkir termurah.

  • Bandingkan harga akhir jika Anda membeli dari luar kota

Selalu hitung total harga barang + ongkir + promo antara toko online/marketplace vs toko offline. Bandingkan. Ambil pilihan terhemat. Ini terutama membantu konsumen yang tinggal di luar kota jika barang yang dipesan bersumber dari pulau lain.-

  • Belanja makanan online vs masak di rumah = cari momentum paling menguntungkan

Berhemat dalam hal biaya makanan juga perlu trik. Terutama jika Anda tidak tinggal sendiri. Kalau ada promo makanan yang menguntungkan, ketimbang mengeluarkan uang, waktu, dan tenaga untuk membeli bahan makanan dan memasak, lebih baik beli makanan tersebut ketika promo. Begitu juga sebaliknya, jika setelah dihitung-hitung lebih murah masak sendiri, jangan pesan makanan online.

  • Hafalkan kebiasaan promo di marketplace dan merchant andalan: loyalis atau sporadis?

Dengan sering mengamati, window shopping, dan membandingkan harga serta ulasan antar toko, biasanya lama kelamaan kita akan tahu merchant mana yang biasanya suka memberikan promo paling menguntungkan. Bila perlu, putuskan jadi loyalis di marketplace mana sehingga keuntungan yang diterima tidak “terpencar.” Misal, terus belanja di satu marketplace yang sama sembari mengumpulkan poin dan cashback. Setelah sekian lama, poin yang terkumpul bisa digunakan untuk belanja produk yang cukup mahal atau dijadikan potongan harga yang cukup besar ketika berbelanja.

Namun ada juga netizen yang memilih belanja sporadis di toko yang berbeda-beda, atau dengan alat pembayaran yang berbeda-beda selama mereka bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari pembelian tersebut, ketimbang mewajibkan diri untuk belanja hanya dari satu toko online/marketplace.

  • Kartu kredit: Kapan perlu, kapan tidak?

Mengenai penggunaan kartu kredit, netizen terbelah dua. Ada yang lebih memilih menggunakan kartu kredit setiap belanja untuk mengumpulkan poin yang nantinya bisa ditukar untuk menjadi manfaat lain. Ada juga konsumen yang lebih suka belanja dengan budget uang tunai yang sudah ditentukan sesuai skala prioritas supaya tidak terjebak utang.

Ada juga konsumen yang memberi saran, untuk belanja kebutuhan tersier sebaiknya tidak pakai kartu kredit tapi menabunglah terlebih dahulu sampai tabungan bisa mencapai 2 kali -5 kali lipat harga barang yang Anda incar. Ini akan menggiring kita ke tips selanjutnya…

  • Endapkan barang-barang incaran di wishlist, check out beberapa hari kemudian atau di tanggal prom

Banyak dari netizen yang menyarankan, untuk menghindari pembelian di luar budget, lebih baik endapkan dulu barang-barang incaran Anda di wishlist (di ShopBack kami menyebutnya Daftar Pantau atau Watchlist) lalu kunjungi lagi barang-barang incaran Anda beberapa hari atau minggu kemudian dan perhatikan apakah Anda masih menginginkannya. Anda juga bisa menunggu tanggal promo tertentu seperti tanggal kembar atau tanggal gajian agar bisa check out dengan lebih hemat.

  • Selalu belanja di Shopback agar dapat cashback Ekstra

Unduh aplikasi ShopBack dan letakkan di sebelah aplikasi marketplace kesayanganagar Anda tidak lupa untuk berbelanja. Anda bisa menikmati cashback tambahan dari ShopBack di luar promo yang Anda dapatkan dari marketplace atau dari metode pembayaran yang Anda pilih (promo e-wallet, kartu kredit, dan sebagainya). Cashback yang terkumpul ini bisa diibaratkan sebagai tabungan kecil-kecilan yang nantinya bisa ditarik ke rekening sehingga bisa digunakan untuk belanja kembali, atau dikonversi menjadi pulsa. (sya)