Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Mendobrak Pasar Filipina, BNI Mengajak UMKM Business Meeting

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Kolaborasi empat lembaga dikerahkan untuk membuka pasar Filipina bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kolaborasi ini terdiri dari Bank BNI yang mengusung BNI Xpora. Lalu platform digital B2B e-commerce MadeinIndonesia.com, Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Filipina di Manila, hingga Dinas Perindustrian Jawa Barat.

Langkah ini demi menemukan ceruk pertumbuhan bisnis luar negeri. Lalu akan mempercepat ekspansi UMKM ke pasar dunia di masa pemulihan ekonomi akhir tahun.

UMKM penghasil produk health and beauty asal Indonesia dipertemukan dengan calon pembeli dari Filipina melalui business meeting produk ekspor. Ini difasilitasi BNI Xpora dan tiga mitranya.

Business meeting untuk ekspor ini salah satu bentuk penerapan program BNI Xpora untuk mempermudah ekspor. Kolaborasi dengan MadeinIndonesia.com akan semakin memperkuat strategi bisnis yang berfokus pada peningkatan akses dan layanan keuangan bagi para pelaku UMKM.

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal mengatakan, seluruh fasilitas BNI Xpora dapat dinikmati oleh para pengekspor yang tergabung dalam platform e-commerce MadeinIndonesia.com. Pemilihan Filipina karena permintaan atas produk kesehatan dan kecantikan dari negara tersebut cukup besar.

Sementara itu di Indonesia, pelaku UMKM sudah mampu memproduksi produk kesehatan dan kecantikan unik, khas, sekaligus berkualitas tinggi. Ttentunya cocok untuk masyarakat di kawasan Asia Tenggara khususnya Filipina.

“Kerja sama strategis ini merupakan salah satu komitmen BNI untuk berperan aktif sebagai mitra perbankan utama atau preferred bank, dalam menyediakan total solusi perbankan dan pendampingan bagi para pelaku usaha berorientasi ekspor khususnya UKM. Tujuannya agar dapat mengembangkan kapasitas produksinya guna menembus pasar global,” terang Iqbal, pekan lalu.

Salah satu fasilitas BNI Xpora yang dapat digunakan antara lain trade finance, berupa advisory letter of credit (L/C) ekspor yang akan diterbitkan oleh pihak buyer atas beberapa pengiriman produk-produk health dan beauty tersebut.

Melalui BNI Xpora, UMKM juga mendapatkan dukungan berupa peningkatan kapasitas dan kualitas produksi, edukasi penyusunan laporan keuangan, hingga dukungan akses pemasaran produk ke luar negeri melalui business matchmaking dengan buyer di pasar global.

Selain itu, BNI Xpora juga menyediakan fitur-fitur digital. Berupa pembiayaan Fast Trex dengan agunan dan biaya yang lebih rendah, khusus untuk para pelaku ekspor.

Kekuatan bisnis internasional BNI antara lain ditunjukkan dengan adanya jaringan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) yang berlokasi di 6 pusat keuangan dunia. Yaitu Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York, dan Seoul.n (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER