Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Grup Djarum Urunan Kucurkan Pendanaan Pra Seri A Rp 65 Miliar ke Moduit

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Startup terus mendapat pendanaan. Seperti Moduit meraih pendanaan senilai US$ 4,5 juta atau senilai lebih Rp 65 miliar (kurs Rp 14.500).

Raihan itu dalam putaran pendanaan pra-Seri A yang dipimpin oleh Reciprocus Moduit Holding (RMH) Singapura. 

Pendanaan diperoleh karena kinerja kuat startup fintech investasi tersebut sepanjang tahun 2021. Seiring selera investasi generasi muda Indonesia yang meningkat karena terdampak pandemi.

Konsorsium RMH terdiri dari Reciprocus Financial Services Pte Ltd, pengusaha insurtech Walter de Oude dan Helicap, perusahaan fintech asal Singapura yang menghubungkan investor global dengan peluang investasi swasta di Asia Tenggara. Turut terlibat dalam pendanaan ini adalah PT Alto Network (Indonesia), anak perusahaan Grup Djarum.

Sepanjang tahun 2021, tanpa dukungan pemasaran, assets under advisory (AUA) Moduit tumbuh lebih dari 40%. Seiring rata-rata nilai investasi untuk business to customer (B2C) mencapai US$ 4.600 atau senilai Rp 66,7 juta per klien. 

Seiring dengan itu, jumlah advisory partner (mitra penasihat keuangan) Moduit tumbuh sebesar 74%. Para mitra ini rata-rata dapat menangani portofolio sebesar $ 60.000 atau Rp 870 juta per klien.

Founder & Chairman Reciprocus International Pte Ltd yang juga CEO Reciprocus Financial Services Pte Ltd (RFS), David J. Emery mengatakan, pandemi adalah pedang bermata dua.

“Moduit telah mengembangkan platform digital yang dapat membantu para mitra perencana keuangannya membuka pintu gerbang penting menuju kekayaan bagi Gen-Z dan Milenial,” kata David, pekan lalu. 

Baca juga: Moduit Menggandeng Trimegah Luncurkan Produk Obligasi Perdana

Dengan pendanaan ini, Moduit akan memperluas platformnya untuk menawarkan produk terkurasi tambahan dari wealth managementselain reksadana dan obligasi. 

“Kami berencana menarik lebih banyak profesional untuk bergabung dengan kami sebagai mitra perencana keuangan di Moduit. Kami akan menawarkan kepada mereka lebih banyak peluang dan keseimbangan hidup yang lebih baik,” ujar Founder & CEO Moduit, Jeffry Lomanto.

Moduit juga akan meningkatkan fitur Moduit Robo-Advisor. Fitur yang menyediakan layanan
perencana keuangan otomatis berbasis algoritma dengan sedikit keterlibatan atau tanpa pengawasan manusia. 

Jeffry menargetkan, di tahun 2022 penambahan tiga kali lipat jumlah mitra perencana keuangan Moduit. Dan mendorong pertumbuhan AUA hingga tujuh kali lipat. “Kami juga
berencana untuk mengejar pendanaan Seri A pada akhir tahun 2022,” paparnya.

Armand Widjaja, CEO PT Alto Network (ALTO) mengungkapkan, sebagai investor tahap awal melihat pertanda baik seiring dengan membaiknya kondisi. “Kami berharap dapat melihat Moduit semakin berkembang di Indonesia,” kata Armand. (nau)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER