Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:40 WIB

Melalui BNI Xpora, Bank BNI Mendukung Potensi Ekspansi UMKM ke Pasar Luar Negeri

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Optimisme ekspansi kinerja pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin kuat menjelang tutup tahun 2021. Pasar ekspor membuka potensi ekspansi kinerja lebih besar. Ini seiring upaya Bank BNI mengakselerasi program BNI Xpora. 

Ariani Wibawa Januar, pengurus Batik Arjuna Cemerlang menuturkan, kondisi ekonomi akhir tahun menjadi momentum memulihkan. Sekaligus mengejar target yang tertunda sejak tahun lalu. 

Dia menyampaikan usaha yang dirintis sejak 1966 ini telah mampu mencetak ekspor hingga US$ 5 miliar. Bahkan, Batik Arjuna Cemerlang lebih optimistis melipatgandakan kinerjanya dua kali lipat hingga US$10 miliar dalam satu dasawarsa ke depan. 

Ariyani menyampaikan optimisme usahanya tidak lepas dari dukungan BNI. Bank internasional ini tidak hanya memfasilitasi pembiayaan dan manajemen payroll. Juga proaktif membuka pasar-pasar baru untuk ekspor. 

“Sejauh ini kami sudah hadir di semua negara Eropa. Seperti Jerman, Inggris Prancis dan Australia. Arjuna Batik Cemerlang mendapat banyak masukan dan akses. Sehingga kami bisa sudah bisa ekspansi ke negara lain seperti Nigeria, Rusia, Finlandia, serta Amerika,” kata Ariyani, Rabu (24/11).

Founder Aryasena Handycraft, Rezha Pramudiati mengatakan, BNI telah membuka cakrawala bisnisnya. Selama ini, Aryasena sudah melakukan kegiatan ekspor, tetapi tidak pernah melakukan ekspansi secara agresif dengan BNI. 

Aryasena sekarang sudah mampu ekspor setidaknya 4 kontainer dalam sebulan. Dan terus meningkat seiring dengan bertambahnya mitra global melalui BNI Xpora. 

“BNI sangat membantu dalam proses ini, mulai dari memberi saya kesempatan ikut pameran. Lalu rapat via zoom antara saya dengan buyer yang difasilitasi oleh BNI,” sebutnya. 

Bank BNI sebagai bank internasional tak hanya mengoptimalkan potensi pemulihan ekonomi nasional. menciptakan daya ungkit lebih besar lagi bagi pelaku UMKM dengan memanfaatkan pasar global.  

Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah BNI, Muhammad Iqbal menuturkan, BNI terus mendorong pelaku UMKM untuk memanfaatkan potensi yang lebih besar di kancah global.  

Rencana kami di UMKM tidak hanya sebatas menaikkan kelas. Tapi mendorong mereka tembus go global. Kami sudah menyiapkan berbagai strategi, dan tren permintaannya juga terus membaik,” sebutnya.  

Iqbal memaparkan, BNI memiliki tiga fokus strategi mendorong UMKM naik ke level internasional.

Pertama, memberdayakan UMKM ekspor serta diaspora. BNI tidak hanya menggarap para pelaku UMKM untuk melakukan ekspansi bisnis keluar negeri. Melainkan mendorong pengembangan usaha para warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri atau diaspora. 

Kedua, menciptakan ekosistem bisnis unggulan. Ban BNI fokus menggarap sektor unggulan di masing-masing daerah guna mendorong pemberdayaan serta penyerapan tenaga kerja lokal.  

Ketiga, membentuk digital value chain. BNI memberikan dukungan menyeluruh melalui pembiayaan hingga pendampingan para mitra BNI dari hulu ke hilir.  

Melalui BNI Xpora,BNI menjadi one stop shopping solution hub di Jakarta, Bandung, Solo, Denpasar, Surabaya, Medan & Makassar dan digital portal. (sya)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER